Saturday 21st July 2018

Dua Desa akan Pilih PAW Pembakal

Abdul Razak, Sekretaris DPMPD Kabupaten Banjar

MARTAPURA – Dua desa di dua kecamatan berbeda; Desa Aranio di Kecamatan Aranio dan Desa Simpang Tiga di Kecamatan Mataraman tahun ini akan melaksanakan pemilihan pengganti antar waktu (PAW) pembakal.

 

Disampaikan Abdul Razak, Sekretaris pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Banjar, Rabu (9/8), pemilihan PAW pembakal dilakukan karena pembakal definitif di kedua desa meninggal dunia.

 

“Masa tugas pembakal di Desa Aranio masih dua tahun, sedangkan di Desa Simpang baru satu tahun masa tugas. Kebetulan Desa Simpang Tiga termasuk desa yang melaksanakan pemilihan pembakal serentak tahun 2016 lalu,” kata Razak.

 

Pemilihan PAW pembakal menurut Razak, baru pertama kali ini dilaksanakan di Kabupaten Banjar, bahkan di Kalsel. Sebelumnya, kekosongan jabatan pembakal hanya diisi oleh pelaksana tugas (Plt) yang merupakan PNS di kecamatan.

 

“Ketentuan saat ini seperti itu. jabatan pembakal yang kosong harus diisi oleh PAW pembakal,” kata pria yang sempat menjabat sebagai Camat di Sungai Tabuk dan Martapura ini.

 

Tentang teknis pelaksanaan pemilihan PAW pembakal, Abdul Razak memaparkan tak beda dengan proses pemilihan kepala desa serentak. Pendaftaran calon hingga masa kampanye bakal calon.

 

“Tahapannya sama saja dengan pemilihan pembakal pada pilkades serentak. Bedanya, pada pemilihan serentak warga memilih langsung di TPS, sedangkan PAW hanya dengan musyawarah desa,” kata Abdul Razak. (rud)

 

 

 

 

No Responses

Tinggalkan Balasan