Sunday 22nd July 2018

Awas, Kebakaran Lahan Mulai Mengancam

MEMADAMKAN API- Aparat kepolisian dari Polsek Simpang Empat saat sedang memadamkan api menggunakan ranting pohon dan daun.

MARTAPURA, SB – Jelang musim kemarau, kebakaran lahan mulai terjadi di wilayah Kabupaten Banjar. Salah satunya kebakaran lahan seluas 0,5 hektare di Desa Alalak Padang, Kecamatan Cintapuri Darussalam pada Senin (31/7).

Saat kebakaran terjadi, sejumlah petugas kepolisian dari Polsek Simpang Empat turun tangan memadamkan kobaran api hanya dengan bermodal ranting pohon dan dedaunan. “Sumber air cukup jauh, jadi kami berusaha memadamkan api menggunakan ranting pohon yang ada disekitar kami, guna mencegah api semakin menyebar luas,” ujar AKP Wahyu Ismoyo, Kapolsek Simpang Empat.

Diceritakannya, ia bersama sejumlah anggota kepolisian di Polsek Simpang Empat saat itu sedang dalam perjalanan kembali dari Desa Alalak Padang usai memberikan bantuan untuk warga korban angin putting belung yang terjadi sehari sebelumnya, Minggu (30/7).

Mengetahui adanya titik api, ujarnya, ia dan semua anggota kepolisian bergegas memadamkan kobaran api sejak pukul 11.00 Wita. Baru setelah satu jam kemudian, api baru dapat dipadamkan oleh petugas.

Sementara itu, Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete yang mengetahui terjadinya kebakaran lahan memerintahkan kepada bawahannya untuk memastikan api benar-benar padam. Ia juga menyampaikan agar pihak Polsek Simpang Empat secepatnya harus berkoordinasi dengan instansi terkait, termasuk memastikan lahan yang terbakar tersebut milik pribadi maupun perorangan.

“Tuntaskan, cek lahan milik perorangan atau perusahaan. Koordinasi dengan stake holder lainnya untuk antisipasi agar kebakaranlahantak lagi terjadi,” kata Takdir dalampesansingkatnya kepada Kapolsek Simpang Empat, AKP Wahyu Ismoyo. (to)

No Responses

Tinggalkan Balasan