Saturday 21st July 2018

Jadi Pemandu, Wabup Kotabaru Berhaji Gratis

PEMANDU HAJI – Wakil Bupati Kotabaru, Burhanudin yang juga menjadi pemandu untuk jamaah calon haji (JCH) asal Kotabaru.

BANJARMASIN, SB – Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel dikumpulkan di Aula Hotel Biuti Banjarmasin, Rabu (19/7) malam. Para pemandu haji diberi pembekalan sebelum melaksanakan tugasnya di Tanah Suci nanti.

Di antara para peserta pembekalan, tampak Wakil Bupati Kotabaru, Burhanudin sebagai salah satu pemandu haji asal Kabupaten Kotabaru.

Menurutnya, jamaah calon haji (JCH) asal Kotabaru di musim haji tahun ini sebanyak 189 orang ditambah dua petugas haji yang salah satunya adalah dia sendiri. “Ya itu termasuk saya. Saya baru pertama kali ini naik haji, semoga saja diberi kesehatan dan menjadi haji yang mabrur,” ujar Burhanudin di sela kegiatan pembekalan.

Terkait kegiatan pembekalan TPHD, Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarkatan Setdaprov Kalsel, Wing Ariansyah mengatakan, biaya pemberangkatan dan pembekalan TPHD ke Tanah Suci ditanggung APBD Kalsel.

Dipaparkannya, materi pembekalan mencakup kebijakan rekrutmen petugas haji daerah, kebijakan umum penyelenggaraaan ibadah haji, tugas-tugas TPHD, akhlak petugas dan jamaah haji, manasik, dan problematika pelaksanaan ibadah haji.

Menurut Wing, petugas pemandu haji yang tergabung dalam TPHD mesti bersyukur karena berkesempatan menunaikan ibadah haji gratis sembari melayani para tamu Allah di Tanah Suci. “Petugas haji harus mampu mengendalikan diri menghadapi persoalan yang kompleks,” ungkapnya.

Pelaksanaan pembekalan TPHD yang dilaksanaakn 19-21 Juli 2017 ini, lanjutnya, bertujuan untuk mensinegikan pelaksanaan tugas dan pelayanan terhadap jamaah calon haji Kalsel bersama petugas kloter lainnya. (din/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan