Saturday 21st July 2018

Akibat Drainase Mampet, 10 Rumah di Trikora Terendam

BANJIR- curah hujan tinggi mengakibatkan terendamnya sejumlah rumah warga 

BANJARBARU, SB – Meski cukup singkat, hanya sekitar satu jam, hujan lebat yang mengguyur Kota Banjarbaru, Minggu (8/7) berdampak pada terendamnya sejumlah rumah warga. Sedikitnya ada 10 rumah warga di Jalan Trikora terendam banjir akibat derasnya hujan yang mengguyur pada pukul dua sampai tiga siang ini.

Yuli (30) dan beberapa warga lain yang ditemui Suara Banua sedang sibuk membersihkan rumahnya yang terendam banjir. Pasalnya, tak hanya air berwarna pekat yang masuk ke dalam rumahnya, tapi juga sampah.

Diceritakan Yuli, saat hujan lebat, ia sedang di kamar bersama anaknya. Namun tiba-tiba ada warga yang berteriak dari luar rumah “Banjir, banjir,” ujar Yuli yang seketika beranjak keluar mendengar teriakan itu.

Selain disebabkan intensitas huja yang memang lebat, menurut Yuli yang diamini warga lain, banjir yang terjadi dikarenakan tersumbatnya saluran drainase. Air yang tak dapat  mengalir meluber.

Padahal tersumbatnya saluran drainase, ujar Yuli, sudah beberapa kali dilaporankan ke pihak dinas yang menangani. Tapi hingga kini belum juga ada tanggapan. “Lima tahun saya tinggal di sini sama sekali tak ada perbaikan drainase  yang dilakukan,” ujarnya.

Padahal akibat genangan air yang disebaban mampetnya saluran drainase, juga berdampak pada rusaknya badan jalan. Kasat mata, banya lubang di atas badan jalan yang selama ini menjadi penyebab kecelakaan tunggal.

Karena itu, ia dan semua warga berharap, pemerintah segera memperbaiki dan menormalisasi saluran yang mampet. “Kami berharap pemerintah segera mengambil langkah untuk memperbaiki drainase yang macet dan trotoar yang menghalangi turunnya air ke dataran rendah. Cuma itu” ujar Yuli berharap. (SB-08/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan