Tuesday 17th July 2018

Jumlah Pemudik Diprediksi Meningkat

PEMUDIK – Jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan laut pada lebaran tahun ini diprediksi meningkat sebesar 3 persen.

BANJARMASIN – Kapal laut masih menjadi moda transportasi favorit bagi warga pendatang yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman. Pada momen lebaran tahun 2016 lalu, jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan laut melalui Pelabuhan Trisakti Bajarmasin mencapai 21 ribu orang.

Jumlah itu menurut H Baharlan, Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin diprediksi meningkat 3 persen tahun ini.

Untuk mengatasi lonjakan pemudik jelang Idul Fitri 1438 tahun ini, menurutnya, sejumlah posko terpadu di kawasan pelabuhan didirikan. Tak hanya posko terpadu, untuk memperlancar arus mudik, tujuh kapal laut komersil milik PT Dharma Lautan Utama dan PT Pelni disiapkan.

Bahkan menurut Baharlan, jika lonjakan pemudik melebih kapasitas masksimal, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan pihak  TNI AL seperti yang pernah dilakukan di arus mudik tahun 2015.

Tentang kelaiakan ketujuh armada kapal, ia mengatakan telah dilakukan uji kelayakan. “Semua kapal laik berlayar untuk mengangkut pemudik pulang ke kampung halaman,” pungkas Baharlan. (MJ/TO)

 

No Responses

Tinggalkan Balasan