Tuesday 17th July 2018

Pentingnya Pelaporan Kejadian Kecelakaan Kepada Kepolisian

Afri Darmawan. SIK, MH – Kasubdit bin Gakkum Polda Kalsel (foto : gus)

BANJARMASIN, SB – Tak dapat dipungkiri hingga kini, mayoritas masyarakat masih enggan melaporkan kejadian kecelakaan lintas (laka lantas) kepada pihak kepolisian. Hal ini menurut Afri Darmawan SIK MH, Kasubdit Bin Gakkum Polda Kalsel menjadi kendala kepolisian menengahi, juga membantu korban kecelakaan.

Karena itu menurutnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel mengimbau masyarakat mau melaporkan setiap kecelakaan kepada pihak berwajib. Karena dari laporan masyarakat itu pula, pendataan korban dan tersangka dapat dilakukan. “Karena itu, korban, tersangka, atau saksi kecelakaan harus melaporkannya ke kepolisian,” Afri Darmawan kepada Suara Banua belum lama tadi.

Padahal, lanjutnya, laporan kejadian kecelakaan penting dilakukan. Tujuannya, membantu korban atau tersangka. Bagi korban misalnya untuk mendapatkan santunan dar Jasa Raharja. Dari laporan masyarakat itu pula akan ada kepastian hukum jika tidak ketemu kata sepakat kedua pihak, yakni korban dan pelaku. “Yang ketiga yakni akan adanya keadilan untuk kedua pihak,” katanya.

Diakuinya, tak dilaporkannya kejadian kecelakan berkaitan erat dengan citra kepolisian di tengah masyarakat. Ada yang memang malas dan takut melaporkannya karena tak ingin menjadi saksi. Karena itu Afri berharap masyarakat mulai mengubah pola pikir bahwa polisi adalah pelindung dan pengayom masyarakat.

“Ini adalah kewajiban bersama, namun masih banyak yang belum memahaminya. Negara kita adalah negara hukum, jadi tak perlu takut melaporkannya,” pungkasnya. (SB-12)

No Responses

Tinggalkan Balasan