Saturday 21st July 2018

Kenapa Yaaa Produk Usaha Mikro Bisa Masuk Keritel Toko Modern?

Kepala Dinas Perdagangan provinsi Kalsel, H Birhasani (foto:din)

Suara Banua – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diminta terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produknya. Ini lantaran produk pelaku UMKM diarahkan untuk masuk ke toko ritel modern.
“Pelaku usaha mikro itu sendiri sudah mendapat perhatian khusus dari pemerintah agar produknya bisa masuk ketoko ritel modern,” kata Kepala Dinas Perdagangan provinsi Kalsel, H Birhasani dihotel Rattan In Km 5,5 Banjarmasin, Selasa (23/5/2017).
Hal tersebut juga didasari oleh banyaknya usaha mikro di Kalsel, maka dari itu Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Bekerja Sama Dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel akan memfasilitasi pelaku usaha mikro dan kecil agar bisa berkembang dan masuk ketoko ritel modern.
Diacara temu usaha UMKM dengan toko ritel modern, Dinas Perdagangan sendiri akan memberikan informasi dan edukasi kepada para pelaku usaha mikro di Kalsel, agar kedepan mereka memiliki kreatifitas, berdaya saing dan memiliki inovasi.
Selain itu, untuk memajukan produk usaha mikro itu sendiri, menurut dia ada beberapa persyarakatan yang harus dipenuhi, seperti adanya PIRT, izin edar, kemasan yang berlabel, tanggal kadaluwarsa dan lainnya.
Sementara untuk di Kalsel sendiri, saya lihat sendiri cuma di Giant yang menjual produk asli Kalsel. “Mudahan saja setelah acara ini Alfamart dan Indomaret bisa ikut membantu produk usaha mikro,” tutupnya.
Diwaktu jam istirahat, Birhasani menyempatkan dirinya melihat produk usaha mikro yang dipaparkan oleh sekitar 100 pelaku UMKM yang berasal hampir dari seluruh Kabupaten dan Kota di Kalsel. Sedangkan dari pihak ritel modern, di antaranya hadir Dairy & Vice President PT Matahari Putra Prima Zulkarnain. Din

No Responses

Tinggalkan Balasan