Tuesday 17th July 2018

Germas Bergerak Menuju Kalsel Sehat

Muslimin – plt Kepala Dinas Kesehatan (foto:din)

Suara Banua – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan Gerakan masyarakat hidup sehat nya (Germas) melaksanakan forum diskusi yang mengangkat tema “ayo kita bersama lakukan gerakan masyarakat hidup sehat” di hotel rattan inn ,Banjarmasin (23/5/2017).

Kegiatan diskusi yang berupaya untuk merubah perilaku masyarakat dari yang kurang sehat menjadi gaya hidup sehat dengan mengajak masyarakat dengan banyak bergerak ,mengkonsumsi sayur dan buah serta ikan sebagai salah satu cara untuk mencapai Kalimantan Selatan sehat.
Hal yang mendorong Germas ini dilatari dengan perubahan transisi dari perubahan penyakit yang dulu hanya penyakit menular saja yang terjadi di Kalsel,namun rupanya sekarang lebih meningkat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke dan kanker.
Penyakit ptm ini akan terus berlanjut apabila tidak fokus terhadap penanganannya.
“Ditahun 2017 ini kita mendorong agar tersosialisasi atau perilaku yang bersifat peningkatan fisik , mengkonsumsi antara sayur dan buah serta pemeriksaan rutin, ” ucap plt Kepala Dinas Kesehatan Muslimin.
Peningkatan fisik sendiri dapat dilakukan dengan ikut car free day, jogging atau hal kecilnya  mengurangi  pemakaian alat – alat yang membuat malas untuk bergerak.
Upaya ini di lakukan dengan pendekatan perfektif dan promotif yang juga harus didukung dan berkerjasama seperti Pendekatan keluarga dan pendekatan  semua sektor yang diatur oleh pemerintah daerah.
Upaya2 yang sudah dilakukan seperti di adakannya car free day, dan juga menyerukan gemar mengkonsumsi sayur dan buah oleh ketahanan pangan serta bagaimana gemar makan ikan yang disosialisasikan oleh dinas perikanan.
“Jadi hal itu bukan dinas kesehatan saja  tapi didorong juga oleh semua sektor dinas yang terkait”, ungkapnya.
Ditahun 2017 yang merupakan pelaksanaannya ini akan dimatangkan lagi tahun 2018 dan diharapkan Kalsel Sehat dapat tercapai. Din

No Responses

Tinggalkan Balasan