Saturday 21st July 2018

Alokasikan 1,9 Miliar Program Pamsimas III

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kotabaru, H Akhmad Rivai

SUARABANUA.COM, KOTABARU – Sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Kotabaru era kepemimpinan Bupati H Sayed Jafar periode 2016 – 2021 terhadap pemenuhan air minum yang layak bagi masyarakat Kabupaten Kotabaru. Oleh karenanya, telah dialokasikan dana APBD Kabupaten Kotabaru tahun anggaran 2017 sebesar Rp1,9 miliar untuk mendukung program nasional yakni Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (Pamsimas) III. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kotabaru, H Akhmad Rivai beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, tujuan dari program ini adalah untuk menambah jumlah penerima manfaat akses layanan air minum layak untuk mendukung pencapaian akses universal air minum dan sanitasi tahun 2019.

“Komponen ini menyediakan bantuan pengembangan infrastruktur air minum untuk desa-desa yang mendapatkan bantuan Pamsimas dalam dua pilihan kegiatan yaitu pembangunan baru dan peningkatan,” kata Rivai.

Dikatakannya lebih jauh, pembangunan baru adalah pembangunan SPAM karena belum ada SPAM eksisting atau pembangunan SPAM karena sistem yang ada tidak berfungsi total 100 % dari produksi sampai dengan distribusi. Sedangkan peningkatan, yaitu pemulihan dan pengembangan kinerja SPAM termasuk penggantian sebagian komponen atau perbaikan komponen utama dengan tujuan meningkatkan kinerja SPAM serta penambahan jumlah layanan dari jumlah layanan semula minimal tambahan jumlah layanan adalah 30% dari jumlah layanan semula.

“Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh PAKEM Kabupaten Kotabaru telah ditetapkan Desa penerima bantuan sosial program Pamsimas Kabupaten Kotabaru tahun anggaran 2017 sebanyak 10 desa dengan alokasi dana yang bersumber dari APBD,” tambahnya.

Adapun desa penerima bantuan sosial tersebut masing-masing memperoleh dana bervariasi dimulai dari Rp140 juta hingga sebesar Rp245 juta yaitu untuk kegiatan pembangunan baru sebanyak 4 desa dengan total dana sebesar Rp770 juta yakni Desa Pelajau Baru Kecamatan Kelumpang Hilir, Desa Gendang Timburu Kecamatan Sungai Durian, Desa Sukadana dan Desa Mulyodadi Kecamatan Pamukan Selatan.

“Sedangkan untuk kegiatan peningkatan sebanyak 6 desa dengan total dana sebesar Rp 1,1 miliar lebih adalah Desa Kampung Baru, Desa Tanjung Tengah, Desa Teluk Tamiang dan Desa Tanjung Kunyit Kecamatan Kelumpang Tengah, Desa Semisir Kecamatan Pulau Laut Tengah dan terakhir adalah Desa Betung Kec. Pulau Laut Timur,” pungkasnya. (FR)

No Responses

Tinggalkan Balasan