Tuesday 17th July 2018

Mantap…Disbudpar Banjar Mulai Seleksi Naga

SUARABANUA.COM, MARTAPURA– Pemilihan Nanang Galuh (Naga) 2017 Kabupaten Banjar kembali digelar, kali ini peserta yang mengikuti pemilihan ini sebanyak 49 peserta remaja. Pemilihan dilaksanakan di Aula Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar.

Jumlah peserta Naga kali ini terdiri dari para remaja siswa SLTA sederajat dan perguruan tinggi,  yang terdiri dari 28 peserta perempuan dan 21 laki-laki.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani mengungkapkan, Naga mitra bisa menjadi andalan di setiap kegiatan  khususnya di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Haris mengharapkan calon Naga 2017 ini bisa menjadi andalan dalam setiap moment kegiatan, ini adalah program dari pemerintah pusat yang diadakan setiap tahunnya. “Saya berharap kepada calon Nanang Galuh untuk tetap menjaga semangat dalam menjalani proses pembelajaran di kegiatan ini, dan juga bisa membawa nama baik Kabupaten Banjar ke tingkat Provinsi bahkan Nasional. Para NaGa yang terpilih akan menjadi mitra Disbudpar dalam setiap rangkaian kegiatan baik itu kunjungan, pameran, dan lain-lain,” ujarnya.

Lanjut Haris, pemilihan Naga di Kabupaten Banjar memiliki konsep dan nilai yang berbeda dengan pemilihan Naga daerah-daerah lain, dimana para peserta akan di uji kemampuannya dibidang hukum Islam serta berpakaian syar’i, sesuai dengan tema kegiatan bernuansakan Islami tuturnya.

Rangkaian acara untuk seluruh peserta seperti mengikuti tes tertulis dan dilanjutkan tes wawancara pada besok hari. Peserta akan dinilai penguasaan materi tentang kepemerintahan, keagamaan, kebudayaan, pariwisata, kesenian, dan bahasa asing.

“Tidak hanya itu, para peserta juga akan digodok mentalnya dengan materi agar tidak loyo dan siap pada setiap kegiatan. Dalam hal ini kita juga bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk memberikan pelajaran penguasaan mental serta mengetahui lebih jauh tentang bahaya narkoba dan narkotika pada pergaulan bebas remaja,” demikian Haris . (SB-08/rad)

No Responses

Tinggalkan Balasan