Saturday 21st July 2018

Hmm Ada Apa Ya Dengan UMKM Kalsel ?

DILUNCURKAN – website untuk berjualan online bagi UMKM Kalsel

SUARABANUA.COM BANJARMASIN – Kini masyarakat seluruh Indonesia, bahkan mancanegara akan sangat mudah untuk mengakses bahkan bisa belanja secara online produk hasil inovasi dan kreativitas yang diproduksi oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Provinsi Kalimantan Selatan.

Adalah melalui marketplace dalam bentuk website www.plazakalsel.com, yang sudah diluncurkan. Semua itu dalam rangka mengangkat dan meningkatkan daya saing para pelaku  UMKM di Provinsi Kalimantan Selatan, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang di gagas oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi  Kalsel.

Peluncuran marketplace plazakalsel.com dilaksanakan di Halaman Gedung Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Banjarmasin dihadiri oleh Staf Ahli Pemprov Kalsel  Drs H Gt Yanuar Noor Rifai, M Si dan CEO BNI wilayah Banjarmasin  Muhammad Jufri, serta didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM prov Kalsel Gustava Yandi, M Si, Head Of Network And Service BNI kanwil Banjarmasin Andry Hartono dan Pimpinan BNI kantor Cabang Banjarmasin  Bagus Suhandoko (20/4).

BNI sangat mendukung inovasi belanja online, karena sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan transaksi non tunai di masyarakat (Cashless Society). Dengan semangat kebersamaan dan Kayuh Baimbai BNI dan Pemprov Kalsel melalui plazakalsel.com, pasti bisa menjadi wadah bagi rekan-rekan pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya dan meningkatkan daya saing.

Keuntungan BNI Market Place bagi UMKM diantaranya, Tidak perlu biaya investasi dan biaya operasional, bekerjasama dengan pemprov untuk desain & pengelolaan, berbagi metode pembayaran yang mudah dan aman, pemasaran secara online akan terhubung dengan 10 juta nasabah BNI, 255 ribu facebook follower, 529 ribu twitter follower.

Situs www.plazakalsel.com yang dikelola oleh kalsel Kreatif Forum (KKF) dibawah koordinasi Dinas Koperasi dan UMKM Prov Kalsel memiliki beberapa kategori diantaranya Sasirangan, Fashion, Aksesories, Kerajinan Tangan, Tas, Sovenir, Makanan dan Minuman, Furniture, Wisata dan Festival ini, sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses, memilih dan memiliki produk unggulan hilirisasi.

Hasil inovasi pelaku UMKM Se-Kalimantan Selatan dari 13 Kabupaten/Kota yang masing-masing memiliki produk khas tersendiri diantaranya Amplang (makanan khas Kotabaru), Kripik Singkong (Tanah Bumbu), Kopi Jahe, Kripik Pisang (Tabalong), Manday Crispy (Balangan), Kue Sagu (HSU) dan banyak lagi yang dijajakan di Market Place tersebut.

Hanya dengan satu klik, masyarakat langsung dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan BNI Debit Online, Kartu Kredit berlogo Visa/Mastercard, SMS payment dan Bank Transfer, atau Virtual Account Payment. Transaksi itu juga dapat dilakukan oleh seluruh nasabah tabungan BNI maupun Bank lain melalui jaringan ATM bersama/Link dan Prima.

Sinergi BNI dengan Pemprov Kalsel yaitu, BNI berperan mempersiapkan infrastruktur market place, sistem pembayaran dan solusi finansial termasuk pembiayaan UMKM, Pemprov Kalsel berperan dalam meningkatkan kapabilitas UMKM, membantu pengelolaan produk, dan manajemen market place, UMKM menyediakan barang atau jasa yang berkualitas dan pemenuhan dan pemesanan tepat waktu.

“Kami sedang mensosialisasikan adanya Market Place plazakalsel.com ini ke pelaku UMKM di daerah kami, dan belum bisa memastikan berapa UMKM yang mendaftar karena informasi yang mendadak. Tapi kita sempat membawa beberapa hasil usaha diantaranya Beras Merah, Kerajinan Tas dan kerajinan pahatan kayu kaligrafi,” ujar Pegawai Dinas Koperasi Barito Kuala Riswanoor,
 (SB-10/rad)

No Responses

Tinggalkan Balasan