Tuesday 17th July 2018

Asyik… Bakal Lancar, Jika Jalan Sudah Mulus

SUARABANUA.COM, KOTABARU – Menjadi perhatian sudah sejak lama akses jalan yang berada di kawasan Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir, kurang lebih sepanjang 4,8 kilometer mengalami kerusakan. Jalan tersebut rencana akan segera diperbaiki oleh perusahaan PT Smart Tbk.

Dengan kerusakan yang ada pastinya menyulitkan setiap pengendara utamanya sepeda motor roda dua, karena pada saat musim hujan maka jalan berlumpur menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara, dan kalau cuaca sedang panas maka debu yang dihasilkan membuat perjalanan terganggu.

Dikonfirmasi Kamis (20/04), melalui sambungan pesawat telepon selular HRGA Department Head PT Smart Anang Yusanto, kepada Suara Banua menjelaskan, pihaknya menjanjikan pada awal Mei 2017 nanti akan di kerjakan namun sekarang masih menunggu proses administrasinya rampung.

“Tahap pertama atau separo pengerjaan dikerjakan pada awal Mei nanti oleh pihak kontraktor lokal dan mudah-mudahan saja sesuai harapan bersama,” ungkap Anang.

Disambungnya, selain menunggu proses administrasinya pihaknya juga akan melakukan penandatanganan bersama antara pihak PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Plant Tarjun, selaku pemilik dari lahan yang akan di kerjakan dan PT Smart yang kemudian diketahui oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

“Saat penandatangan dilakukan maka diketahui oleh Pemkab Kotabaru. Apabila tahap pertama sudah selesai maka akan segera di evaluasi, dan untuk menyambung pada tahap selanjutnya bisa saja nanti kontraktornya dari pihak yang berbeda,” jelasnya kemudian.

Sebelumnya pada 2016 lalu tepatnya pada bulan September, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alydrus, bersama kalangan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan rombongan memantau akses jalan yang akan diperbaiki tersebut.

“Kita meninjau batas mana saja titiknya agar nanti dari pihak PT Smart bisa jelas sampai dimana posisi tanah yang akan di betonisasi berapa panjang dan berapa luas, yang diperkirakan sekitar 4,8 kilometer dimulai dari titik simpang tiga ferry menuju pabrik PT Smart,” tutur Sayed Jafar.

Sekedar diketahui bersama, jalan sepanjang 4,8 kilometer tersebut masuk didalam Hak Guna Bangunan (HGB) PT ITP Plant Tarjun sejak 1996, dari simpang tiga ferry hingga didepan kawasan PT Smart. Dengan rencana peningkatan betonisasi, diharapankan segera direalisasikan pengerjaannya oleh PT Smart, karena pihak Indocement sudah menyediakan lahannya.

Dilain pihak, Corporate Public Relation and Internal Affairs Division Manager, Alexander Frans, saat dimintai tanggapannya mengatakan, pada prinsipnya jalan yang akan di betonisasi tersebut tidak dihibahkan. Namun hanya dipinjam pakaikan saja yang panjangnya sekitar 4,8 kilometer dan pengerjaannya akan dilakukan oleh PT Smart.

“Pada 1999 silam, pernah ada perjanjian antara PT ITP dan PT Smart agar Indocement bisa memberikan akses kepada PT Smart agar bisa dilakukan pengerasan, itu murni dari program CSR dan kita bagi-bagi pekerjaan. Prinsipnya, Indocement sudah menyediakan lahannya untuk bisa dikerjakan bagi kepentingan bersama, baik itu perusahaan maupun masyarakat Kotabaru pada umumnya,” paparnya. (FR/rad)

No Responses

Tinggalkan Balasan