Sunday 22nd July 2018

Wow.. Mereka ini Berani Demo Polda Kalsel

Mahasiswa berdemo di depan polda kalsel menuntut penutupan PT Conch (foto Istimewa)

Kapolda Kalsel Brigjen Pol Ewrin Triwanto menemui pendemo (foto: Istimewa)

SUARABANUA.COM, BANJARMASIN – Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan Tinggi di Kalimantan Selatan berunjuk rasa di depan Kantor Polda Kalsel, tak lain tujuannya adalah untuk menindak PT Conch, karena diduga sudah melanggar hukum, Rabu (12/3/2017) sekitar pukul 10.00 Wita.

Dalam aksinya tersebut,  mahasiswa yang berjumlah sekitar 50 orang meminta Kapolda Kalsel Brigjen Pol Ewrin Triwanto, bisa memberikan tindakan serta menutup perusahaan semen tersebut,

Awalnya, para mahasiswa tidak bisa bertemu  Kapolda karena masih mengikuti serah terima jabatan. Pendemo awalnya merasa kecewa, karena tidak bisa bertemu dan bertatap muka langsung bersama Kapolda.

Selanjutnya, puluhan mahasiswa itu pun melakukan orasi di depan Polda Kalsel. Akibatnya,  Jalan S Parman mengalami kemacetan. Tuntutan para mahasiswa tersebut adalah ditutupnya PT Conch.

Berselang beberap waktu, akhirnya perwakilan mahasiswa diminta untuk dialog bersama perwakilan Polda Kalsel, namun pendemo menolak permintaan tersebut, karena mereka ingin bertemu langsung dengan Kapolda Kalsel.

Akhirnya, aksi mahasiswa tersebut sempat akan dibubarkan secara paksa oleh petugas, namun pendemo bersikeras bertahan dan ingin bertemu Polda langsung tanpa ada perwakilan.

Hampir satu jam mahasiswa berorasi didepan Polda, akhirnya mereka bisa kembali masuk lagi kehalaman Polda setelah ada kesepakatan.

Akhirnya, Erwin Triwamto, menemui mahasiswa dan mengatakan kalau pihak Polda tidak pernah ada menemukan pelanggaran hukum oleh pihak PT Conch.

Koordinator Lapangan (korlap) Zainul Muslihin, mengatakan banyak pelanggaran yang telah dilakukan oleh PT Conch. “Dari data pansus DPRD kab.Tabalong tentang pelanggaran yang dilakukan perusahaan semen itu,” tuturnya (SB 14/rad).

No Responses

Tinggalkan Balasan