Tuesday 21st August 2018

Minggu Pagi, Ratusan Ribu Jamaah Sudah Datang

SUARABANUA.COM, MARTAPURA– Ratusan ribu jamaah dari berbagai daerah Kalimantan Selatan sudah mulai bertangan beberapa hari sebelum pelaksanaan haul, puncaknya terlihat pada Minggu (2/4) pagi sampai sore, ruas jalan terlihat padat dengan iring-iringan jamaah.

Haul ke-12 Syech HM Zaini Bin Abdul Ghani, menjadi magnet yang luar biasa bagi ratusan ribu jamaah dari berbagai penjuru. Tidak hanya dari Kalimantan Selatan saja, tetapi juga dari berbagai provinsi lainnya seperti Kalimantan Timur, Tengah, Barat dan Utara.

Petugas dari berbagai unsur masyarakat mengatur ketertiban arus jamaah (Foto : Istimewa)

Beberapa ruas jalan menuju Sekumpul Raya sudah dilakukan pengaturan jalur oleh ratusan petugas yang terdiri dari berbagai unsur seperti Satlantas, Dinas Perhubungan, sampai dengan ratusan relawan.

Sementara itu, hampir semua jamaah yang datang mengenakan pakaian putih terutama kaum prianya, sedangkan busana yang dikenakan para wanita cukup beragam warganya.

Puluhan kantong parkir juga sudah terisi sejak Minggu pagi dan hampir penuh menjelang siang, ini menunjukkan gelombang kedatangan jamaah haul terus bertambah dan tidak ada berhenti sampai menjelang pelaksanaan haul.

Kantong parkir sepanjang sungai irigasi pintu air (Foto : Istimewa)

“Kami datang dari Banjarmasin pagi tadi, dan memang jalan sudah padat dari Banjarmasin sampai Martapura,” ujar Ahmad Basuni warga Sungai Andai Banjarmasin mengungkapkan.

Karena banyaknya pengujung yang datang, petugas terlihat sangat sibuk mengatur lalu lintas, terutama di penyeberangan yang tepat berada di kawasan perempatan Sekumpul. Ditempat tersebut puluhan petugas sangat sibuk mengatur waktu penyeberangan karena hampir tiap menit puluhan bahkan ratusan warga menyeberang di zebra cross tersebut.

Hal serupa juga terjadi pada puluhan titik jalan yang menghubungkan dengan jalan Sekumpul Raya seperti di kawasan Tanjung Rema, Guntung Alaban dan lainnya. (SB-02)

No Responses

Tinggalkan Balasan