Saturday 21st July 2018

Jutaan Jamaah Banjiri Sekumpul

Lautan jamaah membanjiri sekumpul (Foto: Istimewa)

 

SUARABANUA.COM, MARTAPURA – Jutaan jamaah banjiri kawasan Jalan Sekumpul dan sekitarnya, kecamatan Martapura Kabupaten Banjar,  pada peringatan Haul ke-12 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani, Minggu (02/04).

Hampir semua jamaah yang datang acara puncak haul tersebut mengenakan pakaian serba putih, baik jamaah laki-laki ataupun perempuan. Kedatangan jamaah secara bergelombang dari pagi sampai sore menjelang  salat Magrib.

Jamaah yang datang tidak hanya dari Kalimantan Selatan saja, melainkan dari berbagai penjuru dunia, diantaranya Malaysia, Brunai Darussalam, Mekkah, Pakistan. Sedangkan jamaah yang datang dari dalam negeri seperti Jawa, Sumatra, Riau Sulawesi dan Kalimantan.

Dari pantauan di lapangan, dari semua ruas Jalan Sekumpul, sekitar kubah para jamaah berdesakan berjalan untuk mendekati kubah. Kondisi tersebut berlangsung sampai Magrib dan jamaah terus berdatangan memadati kawasan Sekumpul.

Diperkirakan, jamaah haul mencapai jutaan orang yang melebihi target awalnya hanya 800 ribu jamaah saja. Salah satu panitia haul, Fauzan Asniah mengungkapkan, jamaah tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Diperkirakan jamaah yang datang pada haul kali ini jumlahnya mencapai jutaan jamaah. Itu terlihat dari penuhnya lahan parkir, yang sudah disediakan,” ungkapnya.

Suasana di dalam langgar Ar Raudah Sekumpul. (foto : Istimewa)

 

Senada di sampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banjar Aidil Basith menurutnya, jemaah sudah memenuhi seluruh masjid dan musala sekitar Martapura sejak pukul 16.00 Wita.

Sementara itu, terlihat diantara jamaah yang datang, diantaranya seperti Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Sekdaprov Kalsel Haris Makkie, Bupati Banjar KH Khalilurrahman dan wakilnya Saidi Mansyur, Ketua DPRD Banjar H Rusli.

Sedangkan rangkaian acara haul dimulai denan acara yang dibuka Guru Abdul Kholiq, dengan membacakan lantunan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan dengan alunan nada-nada syair Maulid Habsy, yang diikuti oleh jutaan jamaah, untuk baginda nabi besar Muhammad Saw. Selanjutnya, guru H Masdar melanjutkan dengan membacakan nasyid tahlil. Haul ditutup dengan doa-doa oleh Habib Al-Idrus. (SB-08/SB-01)

No Responses

Tinggalkan Balasan