Sunday 22nd July 2018

Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

H Khalilurrahman, Bupati Banjar (foto: bpost)

MARTAPURA, SUARA BANUA – Bupati Banjar sampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) 2016 pada rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar, Senin Pagi (27/03).

Dalam rapat Paripurna disampaikan, telah ditetapkan 3 peraturan daerah yaitu, perubahan kedua atas Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banjar Nomor 3/2011, tentang pajak daerah, perubahan atas Perda Kabupaten Banjar Nomor 11/2015, tentang pemilihan Pembakal secara serentak, Perubahan atas Perda Kabupaten Banjar Nomor 7/2009 tentang rencana induk pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPADA) Kabupaten Banjar pada tahun 2009-2019.

Bupati Kabupaten Banjar H Khalillurrahman menyampaikan, berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri, 3 perda tersebut diharapkan dapat menunjang pembangunan daerah. Seperti melalui peraturan pajak daerah dan upaya mendukung pengembangan Pariwisata Kabupaten Banjar, berupa penambahan kawasan obyek wisata untuk memanjakan pengunjung maupun masyarakat sekitar.

Lima program Kabupaten Banjar, yakni meningkatkan pengajaran dibidang agama, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan sumberdaya alam, mewujudkan pemerataan pembangunan dan infrastruktur guna menunjang ekonomi daerah, dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan amanah.

Dalam laporannya, pada 2016 penyelenggaraan bidang pendidikan mengacu pada program prioritas daerah Kabupaten Banjar, kini telah menjangkau daerah terpencil dan terus dilakukan upaya pemerataan kualitas dan kuantitas.

Jumlah sekolah negeri ada 442 sekolah, 359 SDN dan SDLB, 65 SMPN, 19 SMA/SMK, 26 buah sekolah Swasta dengan murid 68.220 dan 5.756 guru, rasio 1 banding 12, sedangkan sekolah dibawah Departemen Agama dengan jumlah sekolah 188, 2.639 guru dan 8.668 murid.

Pada bidang kesehatan, pemerintah daerah terus melakukan upaya pelayanan kesehatan langsung pada masyarakat, berupa upaya pencegahan, pemeliharaan serta kesediaan pelayanan kesehatan. Selain Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zaleha, di Kabupaten Banjar terdapat 28 puskesmas, 28 puskesmas keliling, kendaraan bermotor dan 3 buah perahu motor, jumlah seluruh para medis 1.442 orang termasuk 395 tenaga non medis dan jumlah dokter 116 orang.

Sedangkan dibidang Infrastruktur, dilaksanakan dalam bentuk program utama, yang meliputi rencana ruas jalan, panjang jalan terbangun sekitar 2,12 Km, pemeliharaan berkala ruas jalan 83,14 Km, pemeliharaan rutin ruas jalan 48,87 Km yang semuanya tersebar di Kabupaten Banjar.

Sedangkan untuk pemeliharaan irigasi dan daerah rawa telah terlaksana seluas 11,680 hektar, serta pembangunan pintu air sebanyak 12 unit. “Untuk mencapai visi Kabupaten Banjar, kita akan terus mengupayakan pendidikan dan kesehatan baik kualitas maupun kuantitasnya. Juga untuk meningkatkan ekonomi daerah, akan terus melakukan pembangunan infrastruktur daerah,” ucapnya.

Sementara ini, di Kabupaten Banjar masih terdapat beberapa sekolah yang belum memenuhi standar, baik fasilitas bangunan maupun tenang pengajar di daerah pedesaan. “Saya sudah sampaikan kepada dinas terkait, agar tidak terfokus pada daerah perkotaan saja, kita mesti menyamaratakan tenaga pengajar sampai ke desa-desa,” tutupnya. (SB-08)

No Responses

Tinggalkan Balasan