Tuesday 21st August 2018

Disbudpar Gelar Seleksi GBN

Ilustrasi (foto: musik.kapanlagi.com)

MARTAPURA, SB – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjar akan menyeleksi ratusan pelajar yang tertarik mengikuti audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) Tingkat Kabupaten. Seleksi itu bagian dari usaha mencari bakat dan kemampuan pelajar bidang musik.

“Hari Rabu 1 Maret dimulai audisi di Aula Disbudpar Banjar, kami menggelar sehari sampai terpilih 4 orang yang akan dikirim ke provinsi,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjar Haris Rifani, kemarin (27/2) siang.

Persyaratan untuk mengikuti audisi bagi pelajar putera dan puteri sangat mudah, usianya tak lebih dari 19 tahun dan pintar membaca not balok. Salah satu syarat yang menyulitkan hanya tinggi badan, secara terpusat, panitia minta tinggi badan bagi puteri adalah 160 cm dan putera 165 cm.

“Setelah lulus seleksi di kabupaten, mereka akan dibina serta diberikan pembekalan di Martapura. Harapannya, ada pelajar Banjar yang kembali jadi wakil kalsel ke Jakarta. Tahun sebelumnya 2 pelajar dari Kabupaten Banjar berhasil jadi wakil Provinsi,” tambah Harif Rifani.

Sedangkan Kabid Kebudayaan Aidy Hikmatullah menyatakan, kesulitan terbesar pelajar adalah keahlian membaca not balok serta jenis suara yang diinginkan. Dijelaskannya, seleksi GBN digelar berjenjang mulai kabupaten untuk mengikuti paduan suara di even kenegaraan. Outputnya,  4 orang peserta terpilih di Martapura akan ikut serta seleksi ke provinsi.(SB-06)

No Responses

Tinggalkan Balasan