Tuesday 17th July 2018

Seluruh Warga Diundang Saksikan Hari Tari Dunia

Hari Tari Dunia yang dilaksanakan di Lampung (foto: yopiefranz.com)

Martapura – Seniman lokal dan Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan kembali gelar “pesta tari” untuk menyambut Hari Tari Dunia (HTD). Rencananya kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Halaman Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan pada 28-29 april 2017.

Penari Kontemporer Githa Kinanthi, yang juga ketua pelaksana sekaligus pelopor Hari Tari Dunia di Banjarmasin, menjelaskan HTD tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena selain akan diadakan selama dua hari,  juga akan mengangkat tema ‘Bergerak Menurut Kata Hati’.

“Itu terinspirasi dari konsep tari Alma M Hawkins, yang memaknai tari sebagai ekspresi jiwa yang hadir karena hati dan bukan saja persoalan bentuk yang indah, ujarnya.

Selain itu lanjutnya, titik penting acara ini adalah bagaimana para penari dapat menari dengan menggunakan hati. Karena menari bukan hanya soal gerak, tetapi juga tentang hati dan perasaan si penari tersebut.

“Kemudian ketika menari mereka dapat mengajak masyarakat untuk menikmati tari secara utuh, baik dari sisi isi maupun bentuknya” lanjutnya.

Kegiatan ini merupakan inisiatif dan non profit masih menurutnya, dengan cara kerja gawi sabumi yang dibantu oleh Excelsior Dance Project Banua, para seniman lokal dan didukung penuh oleh pihak UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, acara peringatan Hari Tari Dunia atau HTD yang ke-3 ini terbuka untuk umum dan siapa saja boleh ikut serta dalam kegiatan ini baik penari tradisi, kontemporer dan modern dance yang tergabung dalam suatu kelompok ataupun individual.

Penari yang akrab dipanggil Githa ini mengungkapkan, baru ada beberapa yang konfirmasi akan ikut serta mengisi acara diantaranya,  Sanggar Seni Demokrat, HIMASETA STKIP PGRI Banjarmasin, Foyang Jacko, Rendy Dayak, Born New Dance School, Nilik Tari Dapur Teater Banjarmasin.

Melalui Suara Banua, Githa mengundang seluruh masyarakat Kalsel untuk dapat mengapresiasi kegaiatan HTD ke-3, bagi yang ingin berpartisipasi sebagai pengisi acara bisa langsung mendaftar melalui nomor 0812 1841 9645/087815863020 pendaftaran tidak dipungut biaya dan akan ditutup pada Sabtu, 22 April 2017

Penyelenggara kegiatan juga berharap peringatan HTD ke-3 Banjarmasin dapat menjaga eksistensi seni budaya dan tari, serta dapat kembali mengingatkan masyarakat bahwa Tari adalah sebuah kebudayaan integral masyarakat yang harus tetap dilestarikan dan dijaga keberadaannya. (UPF/SB)

No Responses

Tinggalkan Balasan