Thursday 16th August 2018

Pasar Terapung, Budaya Sungai yang Khas

pasar terapung lok baintan

pasar terapung lok baintan martapura (Foto: Ayub)

MARTAPURA – Pasar Terapung, hampir semua warga di Kalimantan Selatan mungkin sudah mengetahuinya. Di Kalimantan Selatan Khususnya ada beberapa titik pasar terapung, baik yang sudah dari dulu ataupun pasar dari binaan pemerintah.

Salah satunya adalah pasar Terapung Lok Baintan kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Pasar terapung ini memang sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan budaya yang tinggal dipinggir sungai Martapura.

Pasar Terapung Lok Baintan saat ini sudah mendapatkan perhatian serius dari pemerintah Kabupaten setempat dengan melakukan pembinaan kepada ratusan pedagang yang biasa berjualan di pasar tersebut.

Biasanya, ratusan pedagang yang menjual barang dagangannya berupa hasil bumi tersebut berada di atas perahu (jukung) dan terombang bersama gelombang sungai yang kecil. Budaya yang ada, sesama pedagang kadang melakukan berter hasil bumi, untuk digunakan kebutuhan hidupnya.

Pemandangan seperti itu biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam saja, pedagang terapung sudah berkumpul sekitar pukul 06.00 WITA dan biasanya sudah mulai pulang sekitar pukul 09.00 WITA.

Antara waktu tersebut biasanya digunakan puluhan wisatawan datang ke pasar terapung Lok Baintan untuk melihat budaya sungai yang khas tersebut. Banyak wisatawan datang di akhir pekan yakni sabtu dan minggu. (SB-01)

No Responses

Tinggalkan Balasan