Tuesday 17th July 2018

Cuaca Buruk Sebabkan Langkanya LPJ 3 Kg

Ilustrasi Gas LPG 3 Kg (Foto : net)

Ilustrasi Gas LPG 3 Kg (Foto : net)

MARTAPURA – Kelangkaan gas melon (LPG 3 Kg) beberapa hari terakhir mulai dirasakan dampaknya di daerah Martapura dan sekitarnya. Peningkatan permintaan elpiji melon juga dinilai ganjil karena relatif tidak ada pemicunya, lonjakan permintaan biasanya terjadi saat menjelang perayaan hari raya dan biasanya Pertamina sudah menambah pasokan.

“Pemda seharusnya bisa memproses langsung ke Pertamina untuk meminta tambahan kuota LPG 3 kg untuk mencukupi kebutuhan gas di kawasan Martapura dan sekitarnya,” ungkap Nurul salah seorang warga.

Untuk saat ini warga Martapura dan sekitarnya sudah banyak yang menggunakan gas melon tersebut sehingga sudah menjadi salah satu kebutuhan dapur warga.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar Ferriansyah mengungkapkan, pengawasan sudah dilakukan ke pangkalan-pangkalan besar dan ternyata gas melon memang kosong. Permasalahan tersebut berasal dari Pertamina, pasokan mengalami keterlambatan karena kapal pengangkut lpg 3 kilo belum bisa sandar.

Lanjutnya, untuk kota Martapura tidak terjadi pengurangan kuota. PT Pertamina (Persero) yang bertanggung jawab beralasan kelangkaan terjadi karena gangguan pasokan dari kilang dan distribusi melalui kapal laut akibat cuaca buruk.

Meskipun terjadi kelangkaan namun tidak sampai terjadi kelangkaan total, karena terjadi setiap tahun dan telah diantisipasi.

“Dalam satu minggu ke depan, Pemkab Banjar akan melaksanakan operasi pasar. Apabila masih terjadi kelangkaan Gas Elpiji 3kg,” ungkapnya.

Menurutnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar nantinya akan lebih memperketat pengawasan, dan memperkecil untuk penimbunannya. Selain itu lebih sering turun ke lapangan untuk proses pengawasannya.(SB-02)

No Responses

Tinggalkan Balasan