Saturday 21st July 2018

Berburu Sunrise di Mandiangin

12 sunrise

Eksen- Pemburu Sunrise cilik berpose disaat terbitnya matahari di kawasan Mandiangin, Kecamatan Karang Intan

Kabupaten Banjar -Tengger Menjadi Tempat Favorit Saksikan Sunrise

Keindahan terbitnya matahari (Sunrise) sudah menjadi rahasia umum, berbagai perpaduan warna lembut dan terang disela-sela puncak gunung dan bukit memanjakan mata semua insan yang memandangnya.

Indahnya moment tersebut menjadikan banyak orang yang memburu keluarnya sang fajar, bahkan banyak orang yang menjadikannya sebagai hobby.

Nah, di Kabupaten Banjar juga ternyata memiliki beberapa spot untuk melihat keluarganya sang fajar dari peraduannya tersebut. Salah satunya adalah di kawasan tengger. Tempat tersebut berada dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Mandiangin, tepatnya disisi jalan menuju benteng yang berada sekitar Bukit Besar.

Mandiangin, memang sudah tidak asing lagi di kalangan pencinta alam ataupun para pemburu sunrise. Kawasan Perbukitan Mandiangin tersebut memiliki banyak titik untuk menyaksikan moment indah tersebut.

Selama ini, ratusan pemburu sunrise berkumpul di kawasan Mandiangin pada Sabtu malam sampai Minggu dini hari. Makin malam kawan bukit tersebut makin banyak pengunjung yang datang. Ada yang datang sendiri serta ada juga yang datang berkelompok.

Tengger, merupakan salah titik favorit pemburu sunrise, sedangkan titik lainnya di repeater radio yang berada tepat di puncak bukit tersebut.

“Ini adalah tempat (tengger) yang paling tepat untuk menyaksikan terbitnya sang surya, walaupun yang menyaksikan jumlahnya ratusan tempat ini masih cukup untuk menampungnya. Karena arealnya yang cukup luas,” ujar Rafiq warga Banjarbaru, yang biasa menyaksikan terbitnya matahari di Mandiangin.

Benar saja, dari tempat tersebut pengunjung dapat menyaksikan terbitnya matahari pagi dengan sinar jingga dan keemasan yang keluar perlahan di balik pegunungan Meratus, kabut tipis dan tebal yang turun dan menutup puluhan lereng bukit-bukit melengkapi lukisan alam tersebut.

“Saya sudah beberapa kali ke tempat ini, dan tempat ini memang benar-benar indah dan membuat ketagihan untuk datang kesini,” ujar Raditya, pemburu sunrise yang berusia 11 tahun. (SB-01)

No Responses

Tinggalkan Balasan