Saturday 21st July 2018

Naga Bersihkan Rumah Banjar

img-20170219-wa0001.jpg

Martapura | Dalam rangka menerapkan Sapta Pesona, Pihak Dinas Budaya dan Pariwisata (DISBUDPAR) dan Nanang Galuh (NAGA) Kabupaten Banjar mengadakan bersih-bersih di rumah Banjar yang ada di Teluk Selong Martapura,Minggu (19/2/2017).
Aksi bersih-bersih cagar budaya dimulai sejak pukul 08.30 Wita dan baru berakhir tiga jam kemudian itu meliputi merapikan halaman, mencomot rumput, serta mengambil sampah di sekeliling rumah adat kebanggaan Kabupaten Banjar tersebut. Harapannya, rumah yang masuk dalam cagar budaya itu usianya makin panjang serta objek wisata itu terus bersih.
Kepala Dinas Pemuda Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani, SH mengatakan, kini pemerintah sedang melakukan berbagai persiapan untuk mendukung perkembangan wisata yang terdapat di Kabupaten Banjar.
“Kita melakukan aksi bersih-bersih dengan Nanang Galuh dalam rangka meningkatkan sapta pesona lingkungan wisata, di Rumah Banjar Bubungan Tinggi Teluk Selong” katanya.
Aksi tersebut, kata Haris, diharapkan akan membuka wawasan masyarakat sekitar, tentang rencana pengembangan wisata dengan menerapakan program sapta pesona lingkungan di objek wisata tersebut.
Sapta pesona merupakan sebutan bagi 7 unsur pengembangan dan pengelolaan daya tarik wisata di indonesia. Sapta Pesona itu sendiri terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan, sehingga tercipta lokasi ideal bagi seluruh wisatawan.
Selain itu, sebagai destinasi wisata yang diperhitungkan di Kalimantan Selatan, pemerintah Kabupaten juga terus mengupayakan membangun mental masyarakat untuk lebih peduli dan sadar wisata melalui berbagai program yang telah ditetapkan.
Sadar wisata tersebut, kata dia, bukan hanya bersikap ramah dan selalu menjaga kebersihan dan keindahan lokasi wisata saja, tetapi juga bisa kesadaran bagaimana cara mendapatkan nilai lebih untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan perkembangkan wisata tersebut. Melalui Sapta Pesona, masyarakat diharapkan menciptakan suasana indah mempesona dimana saja, khususnya di tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.
“Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke tempat wisata,” pungkasnya. (sb-02)

No Responses

Tinggalkan Balasan