Tuesday 17th July 2018

TPA Bakunci Sehari 85 Ton Sampah

 

20160321TPA_BAKUNCI_tala_1

Pelaihari, (AntaranewsKalsel) – Kepala Bidang Tata Kota Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Syahrudin mengatakan,sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir Bakunci Pelaihari mencapai 85 ton per hari.

“Setiap hari sampah yang diangkut ke TPA Bakunci mencapai 85 ton, dan saat ini keberadaannya ditata dengan baik,” ujar Kabid Tata Kota Dinas Pekerjaan Umum Tanah Laut Syahrudin, di Pelaihari, Minggu.

Menurut dia, pengelolaan sampah terpadu TPA Bakunci Pelaihari semakin menunjukan hasil positif, karena sampah yang ada dilokasi itu ditutup dengan tanah.

Bahkan, sebut dia, sampah yang ada di TPA Bakunci Pelaihari tidak saja ditata dengan baik, namun keberadaannya mampu menghasilan sumber gas metan.

Diutarakannya, untuk tidak terkesan sebagai tempat pembuangan sampah, Dinas Pekerjaan Umum Tanah Laut menanami lahan seluas 9,8 hektare itu dangan berbagai pepohonan rindang yang layaknya sebuah taman.

Dia berharap, TPA Bakunci Pelaihari kedepannya tidak saja tempat pembuangan sampah saja, namun lebih dari itu dapat menjadi sumber kegiatan ekononi lainnya.

Terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup Tanah Laut Riyadi menegaskan, keberadaan TPA Bakunci Pelaihari sangat menentukan dalam penilaian Adipura 2016.

Untuk itu, dia berharap, keberadaan TPA Bakunci Pelaihari dapat terus ditingkatkan pengelolaannya, sehingga dapat membantu dalam penilaian Adipura 2016.

Sebelumnya, Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah mengatakan, walaupun Tanah Laut tidak mendapatkan Adipura, namun kebersihan lingkungan terus ditingkatkan.

No Responses

Tinggalkan Balasan