Tuesday 17th July 2018

Pembangunan Desa Di Barito Kuala Jadi Prioritas

Marabahan,  (AntaranewsKalsel) – Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Supriyono mengatakan, pembangunan desa di wilayahnya tahun anggaran 2016 menjadi prioritas.

“Saya ingatkan jajaran satuan kerja perangakat daerah (SKPD) tetap fokus membangun dan membina masyarakat desa,” ujar Sekdakab Batola Supriyono, di Marabahan, Senin.

Menurut dia pada saat kegiatan Rapat Forum Gabungan SKPD Batola 2016, masyarakat desa harus lebih diberdayakan agar kesejahteraannya dapat meningkat.

Untuk itu, sebut dia, sebagai upaya memberdayakan masyarakat desa maka di setiap desa hendaknya dibentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Keinginan memiliki BUMDes tersebut, jelas dia, karena Kabupaten Batola banyak memiliki alat dan mesin pertanian.

Dengan alat dan mesin pertanian itu, ucap dia, maka dapat mendukung keberadaan BUMDes mendirikan bengkel, dan sebagai tenaga kerjanya adalah masyarakat desa itu sendiri.

Dijelaskannya, dengan adanya bengkel yang dikelola BUMDes, maka petani tidak sulit lagi mencari tempat perbaikan alat dan mesin pertanian di Batola.

Dari kegiatan BUMDes itu, jelas dia, pada akhirnya masyarakat desa di Batola memiliki pekerjaan baru sebagai tenaga montir alat dan mesin pertanian.

Lebih lanjut dia mengemukakan, apalagi saat ini banyak penanam saham yang datang ke Bumi Ijejela untuk berinvestasi, tentunya memberikan dapat positif bagi perekonomian masyarakat.

“Kehadiran investor di Batola dapat berdampak pada kesejahteraan masyarkat, sehingga masyarakat desa kita tidak hanya menjadi penonton saja,” demikian tegasnya.

No Responses

Tinggalkan Balasan