Thursday 16th August 2018

LOMBA CIPTA MENU DAERAH

SUARA BANUA, MARTAPURA-Ketua TP-PKK Kab Banjar Hj. Raudhatul wardiyah menghadiri lomba cipta Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber lokal tingkat Provinsi Kalimatan Selatan tahun 2018.

Kegiatan yang dipelopori Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan ini dilaksanakan di gedung bina Satria, Banjarbaru, Selasa (24/7).

Hj. Raudhatul Jannah Sahbirin Noor menyampaikan pada saat menilai para peserta yang mengikuti lomba tersebut, pemerintah sedang menggalakkan pemenuhan gizi yang lengkap dan seimbang melalui menu makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi keluarga terutama anak-anak.

Yakni menu berisikan aneka ragam bahan pangan yang dikonsumsi  dalam jumlah seimbang untuk memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan serta tidak tercemar bahan berbahaya seperti pestisida.

Untuk itu, pelaksanaan lomba cipta menu B2SA ini tentunya sangat sejalan dengan upaya untuk membangun manusia Indonesia yang lebih baik, yaitu yang lebih sehat, aktif dan produktif.

“sejak dahulu sampai sekarang orang banjar terkenal sebagai  pembuat wadai tradisonal yang beraneka ragam, lomba ini juga salah satu upaya untuk melestarikan berbagai aneka penganan tradisional dan inovasi dalam hal keanekaragaman menu masakan”, ucapnya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Banjar, Hj.Raudhatul Wardiyah Khalilurrahman pada saat meninjau PKK Kabupaten mengikuti Lomba tersebut mengatakan kabupaten Banjar memiliki potensi disektor pertanian dan perikanan yang cukup besar.

Oleh karena itu, optimalisasi sumber daya lokal yang kita miliki ini menjadi sangat diperlukan sehingga harapan kita untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan bisa dicapai.

Hj.Raudhatul Wardiyah Khalilurrahman menambahkan dengan adanya lomba cipta menu B2SA ini dapat dijadikan wadah yang tepat untuk mensinergikan peran dan kontribusi seluruh elemen masyarakat daerah dalam mensosialisasikan pola konsumsi pangan yang baik itu seperti apa.

Peserta lomba cipta menu B2SA ini sendiri diikuti  Tim TP PKK 12 kabupaten/kota  se-Kalimantan Selatan. (**).

No Responses

Tinggalkan Balasan