Thursday 21st June 2018

APEL HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE-110, DI PIMPIN LANGSUNG OLEH BUPATI BANJAR

SUARA BANUA.COM, MARTAPURA-Bupati Banjar Khalilurraahman memimpin langsung apel peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 tahun 2018 dan HUT ke-69 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di halaman Kantor Sekretari daerah Kabupaten Banjar, Senin (21/5).

Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Peringatan ke-110 Hari Kebangkitan Nasional dengan tema ”PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKITAN NASIONAL INDONESIA DALAM ERA DIGITAL” harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri. Pengembangan kapasitas sumber daya manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.

”Mari bersama-sama kita jauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah-belah dan konten-konten negatif, agar anak-anak kita bebas berkreasi, bersilaturrahmi, berekspresi dan mendapatkan manfaatnya. Kita harus menjaga persatuan dalam memecahkan masalah, harus berbagi beban yang sama, merapatkan barisan, jangan sampai terpecah belah. Demikian juga dalam konteks menghadapi digitalisasi ini, kita semua harus dalam irama yang serempak dalam memecahkan masalah dan menghadapi para pencari masalah”

Khalilrrahman juga membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor bahwa, Proklamasi 17 Mei 1949 merupakan sebuah pernyataan dan penegasan kepada rakyat dan dunia, bahwa gerilya ALRI DIVISI IV Pertahanan Kalimantan, yang berada di Kalimantan Selatan, benar-benar ada dan mempunyai kekuatan, serta mampu menyusun suatu pemerintahan dalam wilayah Republik Indonesia. Walaupun scara defacto saat itu Kalimantan berada dibawah Penjajahan Belanda.Tekad, semangat, nilai-nilai kejuangan, pantang menyerah, dan rasa nasionalisme demikian, sangat tepat dan relevan untuk kembali kita gaungkan, kita hidupkan, dan kita tanamkan pada setiap sanubari kita.Perjuangan untuk negeri dan banua ini.Saat ini, kita juga sedang berjuang untuk menghijaukan kembali banua kita, dengan Gerakan Revolusi Hijau. Kini kita sedang berjuang untuk memerangi narkoba, berjuang meningkatkan kesejahteraan rakyat, berjuang mewujudkan kemakmuran, juga berjuang untuk memantapkan semangat NKRI sebagai pilar pembangunan bangsa.Dalam momentum bersejarah ini, penting kita renungan brsama bahwa peringatan HUT DIVISI IV ALRI ini, bukan hanya bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan dan kepahlawanan para pendahulu.

Seusai Apel dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Banjar dengan Polres Banjar tentang perkembangan berbasis teknologi, Perjanjian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Banjar dengan PT. (Persero) Telekomunikasi TBK tentang pembangunan dan penyediaan layanan wifi corner, Penyerahan piala pemenang lomba bercerita tingkat Provinsi Kalsel kepada Muhammad Rayhan Anshori dari SDN Jawa 2 Martapura. Penyerahan piala lomba Perpustakaan Desa dan Sekolah. Penyerahan Jas Dai Kamtibmas Polres Banjar untuk wilayah Kab Banjar dan pembacaan Deklarasi serta pernyataaan sikap bersama elemen masyarakat Kab Banjar Menolak paham Radikalisme, Intoleransi dan Terorisme. Dihadiri Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Banjar, unsur Polri dan TNI Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD, Direktur Perusahaan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banja, Elemanen Masyarakat dan Pelajar.(*)

No Responses

Tinggalkan Balasan