Sunday 20th May 2018

Pekerjaan Proyek Jalan Tidak Tepat Sasaran

 

SUARA BANUA, MARTAPURA-Meski pemerintah terus menggelontorkan anggaran untuk pembangunan infrastruktur, tetapi banyak pihak menilai, banyak proyek yang diturunkan hanya asal-asalan.

Seperti hasil penelusuran Suara Banua.com di lapangan, Salah satu proyek yang dinilai asal-asalan oleh masyarakat adalah proyek pengaspalan jalan perumahan, yang berlokasi di Jalan Griya ll Blok A Komplek Griya Mustika Permai, kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Menurut Zainal, warga setempat mengaku, sebelumnya dirinya kaget dengan adanya proyek tersebut.Hal ini karena jalan yang dibangun tersebut bukan merupakan jalan utama, mengingat jalan tersebut jarang di lalui warga.

“Percuma saja jalan tersebut dibangun, karena itu dari dulu kan jarang di lintasi warga,” kata zainal.

Ia menilai pemerintah asal saja dalam menurunkan proyek, tanpa melihat manfaatnya.

“Mending digunakan untuk memperbaiki jalan utama yang memang di lalui warga komplek,” ungkapnya sambil menunjukan jalan utama yang rusak.

 

Hal senada juga di ungkapkan Lembaga Swada Masyarakat (LSM), Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LPKPK) Kalimantan Selatan, Ahmad Novel Rosyadi Ketua LPKPK.Menilai, berkali-kali pembangunan infrastruktur di Kabupaten Banjar lemah dalam koordinasi maupun perencanaan. Akibatnya banyak pembangunan dinilai tidak sesuai dengan pemerataan kebutuhan pembangunan jalan.

Seperti yang terlihat di Jalan Griya. Saat ini jalan tersebut dalam proses pekerjaan, padahal kondisi jalan tidak mendesak untuk diaspal.

“Fungsi koordinasi pembangunan pemerintah daerah tidak berjalan dengan baik. Sangat jelas terlihat. Indikator pembangunan hanya demi memenuhi target pembelanjaan daerah.Atau hanya demi kepentingan pejabat yang menjadikan Pelaksanaannya tidak tepat sasaran, ” cetus Ketua LKPKP yang akrab di sapa Novel.

Menurut Novel, Pada prinsipnya yang menjadi masalah adalah apakah pengerjaan tersebut sudah tepat sasaran atau belum. Sementara di jalan-jalan lain masih banyak yang membutuhkan pembangunan dan perbaikan. (RAHMADI)

No Responses

Tinggalkan Balasan