Friday 20th July 2018

Penutupan TTG Banjarbaru

.

SUARA BANUA,Banjarbaru- Senin (16 April 2018) Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Naker Kota Banjarbaru Drs Muhammad Fahrudin, Lurah Kemuning, Ketua TP PKK Kelurahan Kemuning, saat menghadiri sekaligus menutup kegiatan Pelatihan berbasis masyarakat penerapan Teknologi Tepat Guna tahun 2018 Pembuatan Kue. Bertempat di Aula Kelurahan Kemuning Banjarbaru.

Menurut Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Naker Kota Banjarbaru Drs Muhammad Fahrudin kegiatan penerapan Teknologi Tepat Guna adalah untuk mengarahkan, memandu dan membimbing masyarakat melalui pembentukan usaha-usaha produktif pada pengolahan atau pembuatan aneka kue dengan cara memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis dengan penggunaan peralatan teknologi yang sederhana dan praktis serta teknik-teknik manajerial, dengan tujuan agar dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya jiwa kewirausahaan yang mandiri di sektor usaha-usaha kecil pembuatan aneka kue agar menjadi unit ekonomi produktif yang berkembang permanen dan berkesinambungan serta menjadi pendorong atau motivasi masyarakat sekitarnya untuk ikut berwirausaha. Peserta penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah para masyarakat penganggur, setengah penganggur, dan anggota TP PKK Kelurahan Kemuning sebanyak 20 orang.

Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk memperluas danmempercepat lapangan kerja dan penciptaan lapangan berusaha, salah satu unsur tagline Pemerintah Kota Banjarbaru yaitu Food City (Food, Fashion and Fun).

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani  menyampaikan bahwa fokus utama dari pelatihan ini adalah memberikan pembekalan kepada ibu-ibu rumah tangga untuk dapat menerapkan Teknologi Tepat Guna yang sangat sederhana dalam mengolah bahan baku hingga menjadi suatu komoditi yang bisa mendatangkan penghasilan serta dan menambah pendapatan ekonomi di keluarganya.

Hj Ririen Nadjmi Adhani juga mengatakan kepada para peserta pelatihan agar bisa berbagi ilmu dengan kawan-kawan lainya agar nantinya mereka juga bisa membuat aneka kue juga. Ririen mengharapkan tentunya para peserta tidak cukup sampai disini saja membuat berbagai olahan aneka kue, tapi dapat terus berlanjutsehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi keluarganya.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Naker Kota Banjarbaru, saat menyerahkan bantuan alat masak kepada Ketua TP PKK Kelurahan Kemuning, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani juga menerima hasil olahan aneka kue yang diserahkan langsung oleh peserta pelatihan TTG aneka kue. Sertifikat hasil pelatihan TTG diserahkan oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Naker Kota Banjarbaru kepada perwakilan peserta pelatihan TTG aneka kue.(HUMAS BJB)

No Responses

Tinggalkan Balasan