Friday 25th May 2018

Lomba Bercerita

.

SUARA BANUA,Banjarbaru -Senin (16 April 2017) Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani yang juga Bunda PAUD Kota Banjarbaru menghadiri sekaligus membuka Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se Kota Banjarbaru, bertempat di Aula  Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru. Tampak Sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru H M Nanang Syahrul Arief  SE MM,Pendongeng Enik Mintarsih S Pd serta undangan lainnya.

Sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru H M Nanang Syahrul Arief  SE MM mengucapkan terimakasih kepada Bunda PAUD Kota Banjarbaru yang telah bersedia hadir dalam acara Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se Kota Banjarbaru dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarbaru yang ke 19 tahun 2018. Nanang Syahrul menyampaikan bahwa dengan becerita kita dapat meningkatkan minat membaca pada anak sejak usia dini.

Hj Ririen Nadjmi Adhani mengatakan bahwa lomba bercerita ini merupakan salah satu upaya kita untuk pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca dan menulis dikalangan anak-anak dengan tujuan: yang pertama, untukmenumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca dan menulis melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan. Kedua, untuk menarik minat baca anak terhadap buku-buku cerita budaya daerah. Dan yang ketiga, untukmenumbuhkan kecintaan akan budaya nasional. Bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal yang mengacu pada pembelajaran, peningkatan moral danintelektual, keterampilan serta kreatifitas dengan melibatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat dalam upaya menumbuhkembangkan kegemaran baca anak sejak usia dini.

Tujuan storytelling atau mendongeng untuk menciptakan suasana senang, memberi pengalaman baru dan mengembangakan wawasan pendengar, untuk menambah pembendaharaan kata dan bahasa, melatih daya tangkap dan daya konsentrasi pendengar,  melatih daya pikir dan fantasi pendengar dan menanamkan nilai-nilai budi pekerti. Kita juga rutin melakukan sosialisasi Gernas Baku (Gerakan orang tua membacakan buku), dimana melalui sosialisasi ini kita tanamkam minat baca kepada anak-anak sedini mungkin melalui peran dari para orang tua kata ” Hj Ririen Nadjmi Adhani”.(HUMAS)

No Responses

Tinggalkan Balasan