Friday 22nd June 2018

Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Banjarbaru Selasa (13 Maret 2018) Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani didampingi Ketua GOW Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya dan Ketua DWP Kota Banjarbaru Hj Syarifah Mariatul Said Abdullah saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara tahun 2018, bertempat di Aula Gawi Sabarataan kota Banjarbaru. Tampak Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru drg Agus Widjaja, para peserta sosialisasi yang terdiri dari perwakilan PKK, DWP,  GOW Kota Banjarbaru.

Hj Wahidah dari Seksi Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Keswa (Kesehatan Wanita) Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru selaku panitia menyampaikan bahwa dengan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara dapat menambah pengetahuan kepada seluruh peserta tentang bahaya Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara.

drg Agus Widjaja Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru mengatakan bahwa Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks sangatlah penting dilakukan karena akan menambah pengetahuan bahaya serta pencegahan terhadap Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara. Melalui deteksi dini diharapkan mampu menghidari kita dari bahaya Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara.

Jenis kanker  yang cenderung menyerang perempuan adalah kanker leher rahim dan payudara. Kejadian kanker leher rahim dan payudara merupakan kanker yang banyak menyerang perempuan Indonesia. Jenis kanker ini termasuk yang banyak menyebabkan kematian bagi perempuan di Indonesia. Kanker leher rahim atau kanker serviks sebenarnya dapat dicegah dan dikenali sedini mungkin.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani mengatakan bahwa Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara jika diketahui sedini mungkin harapan sembuh dan harapan hidup penderitanya lebih besar. Namun sayang banyak diantara penderita kanker baru datang berobat setelah stadium lanjut sehingga pengobatannya lebih susah. Oleh karena itu pentingnya deteksi dini terutama kanker leher rahim dan payudara bagi perempuan.

Hj Ririen Nadjmi Adhani meminta agar menjaga pola makan sehat dan melakukan aktivitas olahraga yang harus rutin dilakukan. Tentunya dengan sosialisasi ini dapat mengurangi jumlah penderita kanker dengan cara kita selalu giat untuk memberikan pengetahuan dan informasi mengenai bahaya dari kanker sehingga semua orang paham apa yang harus dilakukan dan kemana harus pergi jika terdeteksi menderita kanker.

Hj Ririen Nadjmi Adhani juga meminta kepada para Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan peserta sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara agar nantinya bisa membagikan ilmu yang didapat kepada teman, tetangga dan lainya yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Hj Ririen Nadjmi Adhani juga berharap bisa dilakukan pemeriksaan gratis untuk melakukan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) dan Kanker Payudara ini.

No Responses

Tinggalkan Balasan