Tuesday 17th July 2018

Ratusan Jemaah dan Alumni Hadiri Haul ke-19 Pendiri Pondok Pesantren Manbaul Ulum

 

Martapura, suarabanua.com – “Intanshurullah Yansurkum, Jika kamu menolong Agama Allah maka Allah akan menolongmu.  Sebuah firman Allah yang senantiasa didengungkan oleh Almarhum KH. Mukeri Gawith, MA” ungkap pimpinan Pondok Pesantren (PP) Manbaul Ulum Kertak Hanyar KH. M Gazali Mukeri, Lc ketika menyampaikan biografi pada Acara memperingati Haul ke-19 pengasuh dan pendiri PP Manbaul Ulum dan silaturrahi santri, alumni, ustadz serta orang tua santri ke-7, minggu (11/3).

Kegiatan ini di hadiri oleh para alim ulama, Wakil Ketua Umum MUI Kalsel, Prof. Dr. H. Abdul Hafiz Anshari, AZ, MA, camat Kertak Hanyar, Kepala KUA Kertak Hanyar,  Polsek Kertak Hanyar, Danramil, para santri, orang tua santri, para alumni mulai dari angkatan ’85.

“Tidak diragukan lagi kontribusinya dalam dunia pendidikan tidak hanya sebatas berbagi ilmu, tetapi lebih jauh dari itu beliau banyak meyumbangkan pemikiran serta usaha dan mareti dalam rangka  memajukan dan mengembangkan pendidikan seperti Membidani lahirnya beberapa perguruan tinggi di Kalimantan Selatan.” Ungkap putra kedua dari pendiri ini.

“Selain itu beliau aktif membina majlis talim, membangun sarana untuk pelajar dan duafa hingga terlibat dalam kegiatan social kemasyarakatan dan politik. Nilai-nilai pengabdian dan pengorbanannya kepada masyarakat telah mendarah daging dari diri beliau dan Pondok Pesantren ini menjadi saksi bisu yang menceritakan sosok kyai yang begitu cinta kepada ilmu agama demi menjujung tinggi agama Allah” tambahnya.

“Pondok mengajarkan bahwa seseorang yang rajin dan gigih menuntut ilmu bakal akan menuai hasilnya, dengan bermodal tawakkal dan berbakti kepada orang tua dan guru akan menguatkan langkah pendakian untuk memperkuat harapan” ungkapnya.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 9 pagi ini di awali dengan pembacaan biografi pendiri, yang dilanjutkan dengan pelaksanaan haul dan dzikir bersama dan di akhiri dengan ramah tamah para santri, alumni dan para Ustadz.

Menurut pantauan suarabanua.com Ponpes yang sekarang berada di tengah perumahan elite ini memang sangat membutuhkan bantuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar dan asrama. Terlihat dari penambahan bangunan yang diperuntukkan sebagai sarana asrama belum selesai dan masih dalam tahap pondasi.

Hal tersebut diakui oleh Pengasuh Ponpes Manbaul ‘Ulum KH M Ghazali Mukeri Lc, menurutnya pembangunan gedung baru permanen 2 tingkat dan 18 ruang yang diperuntukkan sebagai sarana asrama untuk santri masih belum bisa terealisasi secara cepat. Untuk itu Beliau menargetkan penyelesaian 3 ruangan santri dulu agar bisa dimanfaatkan dan berharap kepada pemerintah dan masyarakat dapat membantu pembangunan asrama  ponpes ini. (SB-04)

 

No Responses

Tinggalkan Balasan