Tuesday 21st August 2018

Wow Ada Kontes Durian Di Desa Ini

Martapura, suarabanua.com – Kontes durian Desa Bi’ih Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar diserbu masyarakat. Beragan aneka durian dilombakan untuk mencari kualitas durian terbaik desa Bi’ih.

Puluhan buah durian dengan beragam bentuk dan varian sara dilombakan pada kontes Durian Desa Bi’ih pada Kamis (11/01), di desa Bi’ih karang intan.

Kontes durian yang diresmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan selatan Sahbirin Noor terlihat ramai di tengah 2000 pohon durian. Terlihat jelas disemua puncak pohon durian selalu ada buah yang masih tumbuh dan siap di nikmati.

Dalam sambutannya paman birin menyampaikan, bahwa desa Bi’ih memang selalu menjadi tempat wisata durian terbaik yang dimiliki kabupaten banjar dan satu-satunya tempat wista durian terluas sekalimantan selatan.

“Kami dari pemerintah provinsi kalimantan selatan mengharapkan agro wisata buah durian desa Bi’ih bisa terus dikembangkan dan kita akan selalu mendukung dan menjadikan agro wisata durian menjadi kampung durian Bi’ih, sehingga buah durian kita bisa menjadi daya tarik wisatawan dengan khas varian bentuk, aroma dan rasa yang berkulitas,” ujarnya

Adapun nama-nama durian yang diberikan oleh masyarak beragamn antaranya si idangan, si robeng, panyangat, pangantin, si kakumbu, si amas, si jukung, si waluh, si botol, si kerangga, cupikan, gurabak, maling jaluak, haliling, gantar bumi, si halaman, barangkapan, si mantega, si pisang, si nangka, dan banyak lagi. setiap pohon durian akan diberi nama sesuai dengan filosofi pohon yang diyakini oleh masyarakat Bi’ih. (syd)

No Responses

Tinggalkan Balasan