Friday 20th July 2018

Saidan Pahmi: Raperda Yang Selesai diparipurnakan Mencapai 75%

Saidan Pahmi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar

Martapura, SB – Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banjar sebagai legislator terhadap Peraturan Daerah kembali dipertanyakan. Pasalnya 3 bulan lalu mendekati akhir tahun ada 23 Raperda yang belum selesai dibahas oleh komisi hingga ke tingkat Paripurna.

Dikonfirmasi Via Whatshapp app, Jum’at (29/12) Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar selaku Koordinator Badan Legislasi Saidan Pahmi mengungkapkan, hingga bulan Desember 2017 ini sudah 19 Raperda dari 23 yang ditetapkan sebagai Prolegda tahun 2017 DPRD Kabupaten Banjar telah selesai diparipurnakan mencapai 75%.

“Sebanyak 19 Raperda dari 23 yang ditetapkan sebagai Prolegda tahun 2017 DPRD Kabupaten Banjar telah usai diparipurnakan, dan ini sudah mencapai 75%,” pungkasnya.

Menurutnya, hal ini juga sekalian menepis spekulasi dari berbagai kalangan bahwa banyak Raperda tahun 2017 yang diperkirakan terbengkalai.

Ia menambahkan, hanya 4 Raperda yang menjadi PR untuk diselesaikan di tahun 2018 yakni Raperda Bantaran Sungai, Baramarta, BIM dan Raperda Badan Permusyawaratan Desa.

Saat ditanya kenapa 4 Raperda tersebut tidak bisa diselesaikan di tahun 2017, Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa untuk Raperda Baramarta baru diparipurnakan pengajuannya bulan Desember, sehingga belum sampai pada tahap pembahasan di komisi.

Sedangkan Raperda Perubahan Perusda BIM masih dibahas di Komisi 2 dan DPRD masih mempertanyakan apakah perubahan Perda ini dapat memberikan sumbangsih bagi daerah mengingat sejak keberadaannya, PT BIM ini belum pernah memberikan sumbangsih bagi PAD Kab. Banjar.

“Dua Raperda lainnya Insya Allah akan diselesaikan di triwulan pertama tahun 2018, karena tidak ada hal subtansial yang menjadi persoalan, hanya soal kelengkapan data saja,”tambahnya. (syd)

No Responses

Tinggalkan Balasan