Friday 25th May 2018

Turnamen Catur Cepat Terbuka Walikota Cup

Banjarbaru, SB – Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan didampingi Ketua DPRD Kota Banjarbaru H AR Irwansyah, Ketua Umum Percasi Kota Banjarbaru Wartono saat menghadiri sekaligus membuka Turnamen Catur Cepat Terbuka Walikota Cup tahun 2017, yang bertempat di Terminal Catur MGR Banjarbaru Depan Kolam Renang Idaman Banjarbaru. (23/11).

Laporan Panitia Syamsir Alam menyampaikan bahwa ada 202 peserta yang sudah mendaftar.  Peserta turnamen catur cepat terbuka Walikota Cup tahun 2017, tidak hanya berasal dari Banjarbaru saja, ada yang dari Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan bahkan ada peserta dari luar Kalimantan yang mengikuti turnamen catur cepat. Total hadiah yang akan diberikan sebanyak 18 juta rupiah.

Ketua Umum Percasi Kota Banjarbaru Wartono menyampaikan selamat datang kepada Wakil Walikota Banjarbaru yang juga pembina Percasi Kota Banjarbaru. Turnamen catur cepat terbuka Walikota Cup ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencari bibit-bibit atau generasi pecatur yang hadal di Kota Banjarbaru dan Kalimantan Selatan. Pengurus Percasi Kota Banjarbaru siap bekerjasama sama dengan semua pihak dalam mengadakan event-event kejuaran catur lainnya dalam memacu para atlit-atlit Kota Banjarbaru sendiri. Percasi Kota Banjarbaru dengan fasilitas seadanya ini kita bisa mendapatkan atlit-atlit handal.

Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan mengatakan bahwa melalui kejuaraan catur cepat ini prestasi para pecatur Kota Banjarbaru dapat di tingkatkan . Karena akan menambah pengalaman dan kemampuan berstrategi bagi pecatur-pecatur Kota Banjarbaru tentunya, terutama bagi para pecatur muda kita yang memang perlu stimulasi untuk mengasah kemampuannya. Permainan catur bukan sekedar permainan menyalurkan hobi, namun di dalam catur terdapat filosofi kehidupan sehari-hari. Dalam catur terdapat pion, yang memiliki makna jangan menganggap remeh orang lain walaupun tampaknya mudah.

Selain itu, di kalangan insan catur dikenal semboyan gens una sumus, yang artinya kita satu keluarga. Kata-kata dari bahasa latin ini sangat akrab di telinga para insan catur. Kata sederhana tapi punya makna yang mendalam. Menunjukkan bahwa catur bisa dimanfaatkan bukan saja sebagai olahraga otak, namun juga sebagai wahana persahabatan dan menjalin kebersamaan.

H Darmawan Jaya Setiawan mengharapkan turnamen catur ini menjadi ajang pencarian dan pembinaan bakat atlit catur kita, yang dapat berpotensi untuk diikutkan pada even pertandingan di dalam dan luar daerah nantinya.

H Darmawan Jaya Setiawan berpesan kepada para peserta turnamen catur cepat, menang atau kalah bukanlah yang terpenting, namun bertambahnya teman dan terbinanya kebersamaan itulah yang menjadi tujuan utama kejuaraan ini diselenggarakan. Sehingga semboyan gens una sumus tidak sekedar tulisan, namun juga dapat dirasakan oleh semua. Pada kesempatan itu H Darmawan Jaya Setiawan memainkan catur melawan Ketua DPRD Kota Banjarbaru H AR Irwansyah sebagai tanda dimulainya turnamen catur cepat terbuka Walikota Cup tahun 2017.

Usai kegiatan pembukaan turnamen catur cepat terbuka Walikota Cup tahun 2017, Wakil Walikota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan dan Ketua DPRD Kota Banjarbaru H AR Irwansyah meninjau Kolam Renang Idaman Banjarbaru.

No Responses

Tinggalkan Balasan