Sunday 20th May 2018

Panwaslu Banjarbaru Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Banjarbaru, SB – Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Banjarbaru adakan Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Partisipatif Pemilihan Umum Anggota, DPR, DPD, DPRD dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 di Barito Meeting Room Fave Hotel Banjarbaru, Minggu (12/11).

 

Dalam sosialisasi ini Panwaslu Kota Banjarbaru melibatkan berbagai elemen sosial masyarakat diantaranya Panwascam sekota Banjarbaru, kwartit ranting pramuka, mahasiswa, OKP, ornop, pelajar osis, tokoh agama masyarakat kecamatan dan forum RT RW Banjarbaru.

 

Panwaslu kota Banjarbaru juga mengundang Narasumber dari KPU Kota Banjarbaru Divisi Soaialisasi  M Wahyu MZ dan Kordinator Divisi Pencegahan Dan Hubungan Antar Lembaga Normadina dari Panwaslu Kota Banjarbaru.

 

Menurut Dahtiar SH divisi Kordinator divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslu Kota Banjarbaru sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pengawasan menjelang pileg dan pilpres yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2019 nanti.

 

“Tujuan kita adalah dalam sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada stake holder terkait seluruh elemen masyarakat di kota banjarbaru tentang pengawasan pemilu partisipatif,” ujarnya.

 

Ia melanjutkan bahwa sosialisasi ini adalah tindak lanjut dari rapat-rapat diluar jam kantor atau RDK, yang dilaksanakan di kantor panwaslu kota Banjarbaru beberapa waktu yang lalu. Dimana pihaknya bisa menyamakan persepsi tentang bagaimana upaya Panwas melibatkan masyarakat dalam hal pengawasan.

“Kita rasa pengetahuan pengawasan dalam masyarakat masih kurang, maka dari itu kita libatkan pemilih pemula khususnya pramuka yang bebas politik praktis, artinya kita memperkuat ini secara kelembagaan agar nanti para elemen masyarakat juga andil dalam pengawasan,” jelasnya.

 

“Kita berharap agar semuanya bisa mendukung pengawasan Bawaslu kota Banjarbaru, khususnya untuk pemilihan pileg dan pilpres tahun 2019 nanti. Jadi semua stake holder elemen masyarakat ini kita berharapa bisa terlibat membantu perihal pengawasan,” tuturnya.

 

Panwaslu Kota Banjarbaru juga merencanakan program untuk membentuk pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya Adyasta atau Saka Adyata yang dinaungi oleh Bawaslu Kota, dan Pojok Pengawasan yang melibatkan kawan kawan mahasiswa, OKP dan tokoh agama elemen masyarakat untuk membantu bawaslu mengawasi jalannya pemilu.

 

“Yang terpenting kita tidak hanya berfokus pada pengawasan tapi kita harus juga berani melaporkan apabila terjadi kecurangan-kecurangan dalam pileg dan pilpres kepada Penegakan Hukum Terpadu atau sentra GAKKUNDU, Banwaslu, Kejaksaan dan Kepolisian,” tutupnya. (SB-08)

No Responses

Tinggalkan Balasan