Tuesday 21st August 2018

Festival Pasar Terapung, Antara Kemeriahan Hari Jadi dan Pelestarian Budaya

PEMBUKAAN – Seremoni pembukaan Festival Pasar Terapung di Halaman Gedung Gubernur Kalsel di Banjarmasin, Jumat (25/8) malam

BANJARMASIN – Memperingati Hari Jadi ke-67, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Festival Pasar Terapung 2017 yang seremoni pembukaannya dilaksanakan, Jumat (25/8) malam di Halaman Gedung Kantor Gubernur di Banjarmasin.
Pada kegiatan yang dihadiri Wakil Gubernur H Rudy Ariffin ini, Heriansyah, Kepala Disbudpar Kalsel menyampaikan, selain dalam rangka peringatan hari jadi, Festival Pasar Terapung ,menjadi salah satu upaya mengembangkan budaya daerah yang dimilki Kalsel ke kancah nasional.
“Ini adalah salah satu upaya pelestarian warisan budaya untuk keberlangsungan ekonomi tradisisonal dan lokal agar bisa berkembang dan bersaing di tingkat lokal maupun nasional”, ujar Heriansyah.
Sementara itu, Wakil Gubernur H Rudy Rusnawan dalam sambutannya mengatakan, Festival Budaya Pasar Terapung 2017 adalah agenda rutin tahunan yang sudah kali kesepuluh dilaksanakan.
Dan pelaksanaannya tahun ini, ujarnya, makin baik. “Indikatornya, semakin berkembangnya kegiatan dari tahun ke tahun,” ujar Rudy Resnawan.
Disampaikan mantan Walikota Banjarbaru ini, menjaga dan melestarikan budaya bukan semata tugas pemerintah, tapi juga masyarakat Kalsel. “Saya mengajak semua elemen masyarakat untuk mempromosikan melalui media sosial tentang hal yang menarik di Kalsel,” pungkasnya.
Untuk diketahui, pad Festival Pasar Terapung 2017 yang akan berlangsung hingga 30 Agustus ini, juga disuguhkan berbagai perlombaan dan pertunjukan, promosi video budaya, pagelaran wayang kulit Banjar, tarian masal, baca puisi Banjar, Kalsel Fashion whick, lomba jukung tradisional, fashion karnaval, lomba photografi, lomba masakan Banjar. (SB-08/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan