Wednesday 20th June 2018

Sinoman Hadrah Meriahkan Hari Jadi

SINOMAN HADRAH – Para peserta Festival Sinoman Hadrah wakil dari 20 kecamatan saat menunjukkan kemampuannya di hadapan Bupati Banjar H Khalilurrahman yang hadir didampingi Ketua TP PKK, Hj Raudatul Wardiyah.

MARTAPURA, SB – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-67 Kabupaten Banjar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar menyelenggararakn Festival Budaya Sinoman Hadrah, Rabu (16/8).

 
Bupati Banjar Khalilurrahaman didampingi Ketua TP PKK, Hj Raudatul Wardiyah hadir dalam kegiatan yang diikuti peserta perwakilan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar ini.

 
Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, Sinoman Hadrah sudah ada sejak dulu dan sempat tenggelam beberapa waktu lalu. Dan saat ini, melalui Disbudpar, Pemkab Banjar berupaya melestarikannya sebagai salah satu budaya yang dimiliki bumi ‘Serambi Mekah’.

 
“Sejak saya kecil, sinoman hadrah ini sudah ada dan saat inihampir tenggelam. Selain upaya melestarikan, diharapkan dapat membentengi generasi muda dari dampak negative budaya luar,” katanya.

 
Haris Rifani, Kepala Disbudparmengatakan, setiap kecamatan mengirim satu grup hadrah di ajang yang memperutkan piala bergilir Bupati Banjar ini.

 

“Alhamdulillah antusias masyarakat dan peserta sangat tinggi. Saya tidak menyangka masyakat yang hadir akan sebanyakini,” ujarnya.

 
Disampaikan Haris, Sinoman Hadrah merupakan kesenian tradisional yang wajib dilestarikan. Dan kegiatan ini, menurutnya, upaya melestarikannya agar tetap dikenal masyarakat. Tak hanya di daerah, tapi juga di kancah nasional.
(SB-08/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan