Tuesday 21st August 2018

Spesialis Pembobol Rumah Mewah Dibekuk

DILUMPUHKAN – IC salah seorang pelaku pembobol spesialis rumah mewah yang dilumpuhkan dengan timah panas oleh jajaran Satreskrim Polres Banjar.

MARTAPURA, SB – Satreskrim Polres Banjar melakukan pengembangan kasus pencurian dengan kekerasan (curas) di salah satu rumah di Citra Land beberapa waktu lalu.

Hasilnya, disampaikan dalam pada press release, Senin (14/9) kemarin, jajaran Satreskirm Polres Banjar berhasil menangkap pelaku di sebuah warung makan tak jauh dari tempat tinggalnya di Gambut pada Senin (7/8) pekan lalu. Saat ditangkap, pelaku berinisial IC ini sedang minum kopi bersama istrinya.

Saat penggeledahan, ditemukan sejumlah barangbukti hasil pencurian di rumah pelaku. Yakni; 4 cincin emas, 4 cincin  perak, kompor gas, TV, sepatu baru, sepeda motor, dan uang sebesar Rp1,2 juta.

Kasatreskrim Polres Banjar, AKP Sofyan mengatakan, pelaku asal Makassar, Sulsel ini satu dari lima pelaku yang sudah tertangkap di dua tempat berbeda; IC dan M sempat ditangkap di Makassar saat sedang menjambret, R dan J ditangkap saat membobol sebuah ruko di Samarinda, Kaltim. Kelima pelaku merupakan satu keluarga mulai dari bapak, anak sampai saudara istrinya.

“JL adalah orang tua, otak dari tindak kejahatan ini. M dan IC adalah anak JL yang berperan sebagai eksekutor. Sedangkan R dan J sebagai joki atau sopir membawa hasil kejahatan,” ujar Sofyan.

Sempat tertangkap di Makassar, pelaku IC sempat menjadi buronan dengan berpindah-pindah untuk menghilangkan jejak. Dan saat penangkapan di Gambut, pelaku sempat melakukan perlawanan sehingga terpaksa dihadiahi timah panas di kaki kanannya.

Disampaikan Sofyan, kelima pelaku tak hanya beraksi di Kalsel, tapi juga di beberapa daerah di Kaltim dan Kalteng. Dan di Banjarmasin, berdasarkan pengakuan tersangka sudah melakukan aksinya di delapan tempat berbeda.

“Modus yang digunakan,  para pelaku mengetuk pintu rumah yang memang sudah menjadi target. Mengetahui rumah sedang kosong, para pelaku beraksi dengan membobol pintu,” kata Sofyan. (SB -08/to)

 

No Responses

Tinggalkan Balasan