Friday 22nd June 2018

Tapal Batas Kertak Hanyar-Gambut Beres

TAPAL BATAS – Suasana rapat bersama membahas tapal batas antara Kecamatan Kertak Hanyar dan Gambut, Selasa (8/8) lalu.

MARTAPURASB – Tapal batas wilayah acapkali masih menjadi permasalahan. Bahkan tak sedikit yang berujung pada konflik terbuka. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri, hingga saat ini sedikitnya ada 845 sengketa tapal batas yang terjadi di tingkat kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia.
Permasalahan tapal batas itu pula yang saat ini sedang terjadi antara Kecamatan Kertak Hanyar dan Gambut. Untuk menyelesaikan itu, Polres Banjar melalui Polsek Kertak Hanyar yang diwakili Kanit Intelkam, IPDA Indra Wahyu bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banjar dan kecamatan melaksanakan rapat membahas penegasan batas wilayah kedua kecamatan pada Selasa (8/8)
Berdasarkan hasil rapat bersama, disepakati batas tiap desa di kedua kecamatan yang ditandai dengan penandatangan bersama hasil rapat. Kesepakatan hasil rapatbersama nantinya dijadikan acuan penerbitan Peraturan Bupati (Perbup) Banjar yang diikuti dengan pemasangan pilar batas pada titik-titik yang telah disepakati.
“Rapat berlangsung lancar dan kondusif. Alhamdulillah permasalahan cepat terselesaikan sehingga tidak berdampak luas di masyarakat ,” ucap IPDA Indra.
Menurutnya, hasil kesepakatan tapal batas itu pula akan dijadikan acuan pihak kepolisian diekdua polsek dalam melakukan rute patroli maupun sosialisasi kepada masyarakat. (SB-08/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan