Tuesday 21st August 2018

Dekranasda Banjarbaru Latih Bikin Kain Sasirangan

SASIRANGAN – Pelatihan pembuatan kain sasirangan yang dilaksanakan Deskranasda Kota Banjarbaru bersama Komunitas Pecinta Sasirangan Kalsel.

BANJARBARU, SB – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarbaru menggandeng Komunitas Pecinta Sasirangan Kalsel menggelar pelatihan pembuatan kain sasirangan.

Gusti Muhammad Adam yang mewakili Ketua Komunitas Pencinta Sasirangan Kalsel menyampaikan, peserta pelatihan tidak hanya dari Kota Banjarbaru, tapi juga dari daerah lain, diantaranya; Tanah Laut, Banjarmasin dan beberapa daerah lain di wilayah Kalsel.

Pada pelatihan itu ia mengingatkan untuk melestarikan kain sasirangan. Seperti halnya Kota Banjarbaru yang telah mematenkan sasirangan bordir merupakan kain sasirangan khas Kota Banjarbaru.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani saat pembukaan pelatihan mengatakan, bagi warga Kalsel, kain sasirangan merupakan kain khas tradisional dengan corak dan warna tertentu yang dipolakan secara tradisional. Umumnya kain ini digunakan sebagai kain adat yang biasa digunakan pada acara-acara adat suku Banjar.

Menurutnya, sebenarnya ada banyak potensi yang dapat dikembangkan pada kain sasirangan seperti kain batik yang sudah lama eksis, tidak hanya untuk pakaian, tetapi juga untuk aneka aksesoris.

“Hal inilah yang sedang diupayakan oleh pemerintah. Di Kalimantan Selatan, khususnya Kota Banjarbaru sendiri, karena perajin kain sasirangan ada di hampir semua daerah. Setidaknya ada tiga wilayah; Banjarmasin, Martapura, dan Batola,” ujar Hj Ririen. (hum/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan