Tuesday 21st August 2018

Ingin Kabur, Empat Pelaku Pembobol ATM Didor

PEMBOBOL ATM – Keempat pelaku spesialis pembobol ATM yang terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran akan kabur.

 

BANJARMASIN, SB – Aksi empat pelaku pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya terhenti.  Para pelaku yang diketahui berasal dari Lampung ini ditangkap petugas gabungan Unit Jatanras dan Sabhara Polda Kalsel, Rabu (19/7) sekitar pukul 16.00 Wita.

Saat proses pengembangan penyidikan, keempat pelaku mencoba kabur. Untuk menghentikannya, polisi terpaksa menghadiahi timah keempat pelaku. Keempat pelaku itu; DG (28), IS (27), D (32) dan HD (32).

Dari keempatnya, polisi terus melakukan pengembangan aksi membobol ATM yang mereka lakukan. Di Hotel Kuripan, tempat para pelaku menginap, petugas menemukan sejumlah uang yang diduga hasil aksi membobol ATM di beberapa tempat dengan nilai lebih dari Rp100 juta.

Informasi terhimpun, penangkapan bermula dari kecurigaan petugas terhadap keempatnya yang menginap di dua kamar di Hotel Harupan. Dari hasil oordinasi dengan Unit Jatanras, petugas mendapat informasi, keempat orang yang merupakan warga Lampung itu diduga ada keterlibatan dengan raibnya sejumlah uang di sejumlah mesin ATM di Banjarmasin yang terekam CCTV.

Bermodal informasi itu, petugas gabungan melakukan pencarian di hotel tempat menginap di dua kamar berbeda yang kemudian diketahui di kamar 118 dan 119. Dari dalam dua kamar itu, keempatnya dibawa ke Ditkrimum Polda Kalsel untuk diperiksa lebih lanjut. “Informasinya mereka baru datang sekitar empat hari lalu dan sempat beraksi,” ujar seorang sumber yang ditemui Suara Banua.

Saat beraksi, para pelaku menngunakan kartu ATM miliknya sendiri tak ubahnya seorang yang akan mengambil uang di ATM. Namun saat kartu dimasukkan, sembari memencet beberapa tombol pada mesin ATM, sebuah obeng diganjalkan di tempat keluarnya uang. Uang pun berhasil mereka keluarkan dari mesin ATM. (din/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan