Tuesday 17th July 2018

Sungai Madang Potensial Menjadi Sentra Jeruk

JERUK MADANG – Jeruk Madang hasil perkebunan petani di Sungai Madang, Kecamatan Sungai Tabuk yang manis dan banyak kandungan airnya.

SUNGAI TABUK, SB  – Jika anda penyuka Jeruk Madang, tentu sepakat bahwa rasanya manis, segar dan  kandungan airnya banyak. Yang menjadi masalah sekarang, dimana sebenarnya daerah penghasil jeruk lokal dan manis  tersebut?

Menurut Anang Syahrani, Madang atau Sungai Madang itu masuk dalam wilayah Desa Gudang Hirang dan berbatasan dengan Desa Lok Baintan Dalam, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Ditambahkan Anang Syahrani yang juga Kepala Desa Gudang Hirang ini,  budidaya  jeruk lokal yang ada di wilayah Sungai Madang, masih menggunakan bibit lama, sehingga belum menghasilkan produk jeruk yang maksimal.

Selaku aparat desa, dirinya mengaku sudah punya rencana peremajaan bibit jeruk yang ada di perkebunan milik petani di Sungai Madang tersebut. Namun menurutnya, akses jalan darat yang belum tersedia menuju Sungai Madang bisa kendala rencananya tersebut. “Semuanya tergantung pada akses jalan darat yang diketahui hingga sekarang belum mencapai Sungai Madang,” kata Anang Syahrani belum lama tadi.

Ditambahkannya, proses pembuahan Jeruk Madang sangat bergantung dengan kondisi tanah. Wilayah Sungai Madang dan sekitarnya,  sangat cocok untuk tumbuh kembang jeruk lokal tersebut.

“Jangan salah, buah jeruk yang dihasilkan di luar Sungai Madang tidak sama, meski jenis bibit yang ditanam sama dengan yang ada di Sungai Madang,” ujarnya.

Meski secara fisik buahnya tidak terlalu besar, jeruk yang dihasilkan dari kebun petani di Sungai Madang, rasanya tetap manis dan kandungan airnya juga banyak. Dan itu sangat dipengaruhi pada jenis tanah, ditambah sistem pemeliharaan budidaya jeruk yang baik.

Anang Syahrani berandai, jika saja pemerintah daerah bisa membantu para petani  mengembangkan budidaya jeruk lokal, termasuk penyediaan bibit dan mempertahankan lahan perkebunan dengan regulasinya, Sungai Madang bukan tidak mungkin jadi ikon sentra Jeruk Madang. (mj/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan