Tuesday 21st August 2018

Besi Menyembul, Keselamatan Pengguna Jalan Dipertaruhkan

MENYEMBUL – Ujung besi batangan menyembul di atas badan jembatan Desa Gudang Tengah, Sungai Tabuk. Kondisi ini memaksa para pengendara berhati-hati karena sangat membahayakan keselamatan.

SUNGAI TABUK, SB – Besi batangan penopang badan jembatan yang ada di Desa Gudang Tengah RT 3, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar terlihat menyembul di permukaan. Kondisi tersebut dirasa mulai meresahkan warga dan pengguna jalan yang melintas di atas jembatan.

Ardian, salah seorang pengguna jalan mengungkapan, besi batangan yang menyembul di atas jembatan akibat tergerusnya urugan pasir ini sangat membahayakan keselamatan para pengguna jalan. Ditambah lagi debu akibat belum teraspalnya badan jembatan dan jalan, juga dirasa sangat mengganggu.

Saat melintas, lanjutnya, harus berhati-hati. Karena ujung besi di atas badan jembatan tersebut sangat membahayakan. “Selain ujung besi yang menyembul dari dalam urugan, debu yang ditimbulkan karena jembatan tidak beraspal juga sangat mengganggu,” kata Ardian belum lama tadi.

H Bahruddin, Kepala Desa Gudang Tengah mengungkapan, awalnya besi batangan pada jembatan tersebut dipasang sementara sebagai lantai penopang badan jembatan. Tapi nyatanya hingga sekarang belum juga dilakukan perbaikan. Padahal kondisi tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun.

Karena itu, sebagai aparat desa setempat ia berharap, Pemerintah Provinsi Kalsel dapat segera memperbaikinya, mengingat status Jalan Martapura Lama merupakan jalan provinsi. “Jika dibiarkan, ujung besi yang muncul dipermukaan berpotensi penyebab kecelakaan,” ujar H Bahruddin.

Terlebih lagi menurutnya, arus lalu lintas, baik dari arah kota Martapura menuju Banjarmasin, maupun sebaliknya saat ini cukup padat. Dari pengguna kendaraan roda dua, roda empat, hingga truk pengangkut barang dan material lainnya. (mj/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan