Wednesday 20th June 2018

Jembatan Sungai Pinang Lama Rusak Parah

JEMBATAN – Kondisi jembatan ulin di Desa Sungai Pinang Lama di Kecamatan Sungai Tabuk yang rusak parah dan banyak memakan korban.

Pembakal: Sudah Banyak Korban Tercebur

SUNGAI TABUK – Kondisi jembatan ulin Desa Sungai Pinang Lama di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar sangat memprihatinkan. Selain rawan dilintasi, jembatan tersebut juga sudah sering makan korban. Tak sedikit pengguna sepeda motor tercebur ke sungai lantaran kondisi jembatan yang sudah rusak parah.

Abdurahman, Kepala Desa Sungai Pinang Lama, buruknya kondisi jembatan ulin yang berada di atas muara Sungai Tapang itu sudah lama terjadi.Terutama di bagian lantai jembatan yang sudah lapuk dimakan usia.

Menurutnya, usulan perbaikan jembatan sudah berulangkali disampaikan melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Namun hingga sekarang belum direalisasikan pemerintah kabupaten. ” Hampir setiap tahun dalam acara musrembang, usulan perbaikan jembatan kami sampaian,” ungkap Abdurahman.

Usulan perbaikan jembatan sepanjang 18 meter dengan lebar 4 meter, lanjut Abdurrahman terus diajukan. Terlebih lagi ruas jalan Sungai Pinang saat ini sudah dalam kondisi baik. Dan warga selalu menanyakan kapan perbaikan jembatan akan dikerjakan.

Disampaikan Abdurrahman, perbaian jembatan selama ini sekadar tambal sulam swadaya masyarakat. Kendati saat ini telah ada Dana Desa, perbaikan permanen tak dapat dilauan karena jembatan berstatus di jalan kabupaten.

Padahal kelayakan  jembatan punya peran penting membuka akses antara desa di sekitarnya. Apalagi Desa Sungai Pinang Lama dan desa lainnya dialiri banyak anak sungai yang memutus jalur infrastruktur di wilayah tersebut.

Untuk itu aparat desa dan seluruh warga Sungai Pinang Lama, ujar Abdurrahman, sangat berharap campur tangan Pemerintah Kabupaten Banjar memperbaikinya. “Selain penghubung beberapa desa,  jembatan ulin itu juga akses terdekat menuju obyek wisata Pasar Terapung Lok Baintan,” pungkasnya. (mj/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan