Sunday 19th August 2018

Mudik dan Balik Tanpa Celaka

Kasatlantas Polres Polres Barito Kuala – AKP Winda

Kasatlantas: Jangan Pakai Mobil Bak Terbuka

BARITO KUALA, SB  –  Seperti tahun sebelumnya, arus kendaraan bermotor di akhir bulan Ramadhan dan menjelang perayaan Idul Fitri 1438 H tahun ini dipastikan meningkat. Beriringan itu, pontensi terjadinya kecelakaan juga akan meningkat.

Dan dalam  rangka mudik tanpa celaka, Kasatlantas Polres Polres Barito Kuala, AKP Winda menghimbau para pemudik yang menggunakan jalur Trans Kalimantan di sepanjang kawasan Anjir, Handi Bakti Barito Kuala (Batola) ke arah Kapuas, Kalteng agar tidak mengangkut penumpang menggunakan mobil bak terbuka.

“Diimbau untuk tidak menggunakan mobil pick up dalam membawa rombongan pemudik. Itu sangat membayakan keselamatan di jalan,” ungkap AKP Winda saat memantau pos pengamanan di kawasan Handil Bakti, Sabtu pekan kemarin.

Disampaikan Winda, seluruh personel di Kesatuan Lalu Lintas (Satlantas) pada Polres Batola dioptimalkan untuk pengamanan jelang Ramadhan dan pasca Ramadhan 1438 H. Para anggota satlantas disiagakan di masing-masing pos pengamanan yang sudah disiapkan

Kepada para pemudik ia juga mengimbau agar terlebih dulu memeriksa dan memastikan fisik kendaraan dalam kondisi laik. Yang juga harus disiapkan sebelum berkendara menuju kampung halaman adalah kelengkapan surat menyurat kendaraan. “Hal tersebut penting sebagai upaya kewaspadaan tahap awal berlalu lintas yang tertib dan benar,” ujar Winda menyeru..

Karena akibat kelalaian kecil saja sebelum berkendara, lanjutnya, tak sedikit yang berujung pada kecelakaan lalu lintas. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan itu, pihaknya selalu mengingatkan  pengendara bermotor tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas.

Tak hanya itu,  AKP Winda juga menyampaikan hasil rapat koordinasi pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri 1438 H. Diantaranya,  sejak tiga hari sebelum lebaran, atau  H-3 mobil angkutan dilarang melintas di jalan negara. Hanya mobil angkutan logistik dan bahan makkanan yang diperbolehkan. (mj/to)

No Responses

Tinggalkan Balasan