Friday 20th July 2018

Peringati Haul, Ponpes Yasin Datangkan Rambut Nabi

RAMBUT NABI – Rambut Nabi Muhammad SAW yang didatangkan dari Museum Topkapi, Istanbul, Turki dalam rangka peringatan Haul ke-14 Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasan di Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru. (ft:i d)

BANJARBARU, SB – Rutin saban tahunnya, pada 15 Ramadhan penanggal hijriah, Pondok Pesantren Yayasan Islam Nurul Hidayah (Yasin) Banjarbaru melaksanakan peringatan Haul Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasan, seorang ulama besar dari Mekah.

Dan pada Ramadhan 1438 Hijriah tahun ini, peringatan haul ke-14  ulama yang juga guru dari H Ahmad Fahmi Zamzam, pendiri Pondok Pesantren Yasin ini diperingati pada Sabtu (10/6).

Meski puncak peringatan haul baru akan dilaksanakan pada hari Sabtu, namun Pondok Pesantren Yasin sudah kebanjiran ribuan umat muslim sejak Kamis (7/6) sore. Bahkan sehari sebelum pelaksanaan haul, diperkirakan tak kurang dari lima ribu orang yang datang ke pondok.

Mereka datang untuk melihat secara langsung rambut Nabi Muhammad SAW yang sengaja didatangkan pimpinan pondok dari Museum Topkapi yang ada di Istanbul, turki. Tak hanya untuk melihat, banyak juga pengunjung yang mencium bagian rambut Rasullah.

“Puncak acara haul dilaksanakan pada Sabtu 15 Ramadhan, bertepatan dengan wafatnya Habib Muhammad al-Maliki, tapi sebelum puncak peringatan haul, ribuan jemaah sudah berdatangan,” kata KH Khaidir Rahman, salah seorang pengajar di Ponpes Yasin.

Bahkan karena saking banyaknya, panitia haul bahkan membagi jadwal pengunjung yang datang. Pagi hari bagi pengunjung perempuan, dan malam hari bagi laki-laki yang berlau hingga kegiatan haul usai. (SB-08)

No Responses

Tinggalkan Balasan