Tuesday 21st August 2018

Kurangi Tingkat Kecelakaan Tanggung Jawab Lima Pilar Ini

Afri Darmawan. SIK, MH – Kasubdit bin Gakkum Polda Kalsel (foto : gus)

SUARABANUA.COM, BANJARMASIN – Masih banyaknya kecelakaan yang terjadi di daerah kalimantan selatan ternyata bukan hanya tanggung jawab dari kepolisian saja namun ada beberapa dinas terkait yang mengemban tanggung jawab dalam kasus kecelakaan lalu lintas.

Direktorat Lalu-lintas POLDA Kalimantan Selatan melalui Kasubdit Bin Gakkum Afri Darmawan, SIK, MH. mengatakan bahwa kecelakaan dapat dikurangi dengan kerjasama dari 5 pilar.

 “Untuk mengurangi tingkat kecelakaan ada penangguh kepentingan yang bertanggung jawab yaitu kepolisian, kementrian pekerjaan umum(dinas PU), Dinas kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Perhubungan,” jelasnya kepada SUARABANUA.COM (30/5).

Menurutnya masing-masing pilar mempunyai tugas yang sangat berperan terhadap tingkat kecelakaan.

“Manusia yang berkeselamatan itu adalah tanggung jawab kepolisian dengan adanya pembuatan SIM, jalan yang berkeselamatan itu adalah tanggung jawab dinas PU dan Jasa Marga, penanganan korban pasca kecelakaan ialah tanggung jawab dari dinas Kesehatan, pendidikan tentang hukum dan rambu-rambu dari usia dini ialah tugas dari Dinas Pendidikan, tentang pengaturan untuk angkutan umum itu tanggung jawab dari Dinas Perhubungan,” terangnya.

Afri pun mengharapkan agar kelima pilar ini dapat bersinergi agar tingkat kecelakaan di Kalsel dapat berkurang, “Harus ada sinergi dari kelima pilar ini, kalo berharap sama kepolisian saja ya kita terbatas dan tidak maksimal,” tutupnya. SB-12

No Responses

Tinggalkan Balasan