Friday 22nd June 2018

Penandatanganan MoU Pemasangan Pipa Air Bandara Baru Samsudinnor

SUARABANUA.COM, BANJARBARU – Kejaksaan Negeri (Kejari), Pemko Banjarbaru, Pemkab Banjar dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) laksanakan Penandatanganan MoU dan rapat bersama tentang rencana pemasangan pipa air Bandara Baru Samsudinnor. Selasa (23/05).

Kegiatan ini yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Banjar beserta Sekertaris Daerah, Wali Kota Banjarbaru beserta Sekertaris Daerah Kota, Kejari Kabupaten Banjar dan Banjarbaru, Direktut Utama PDAM Intan banjar dan PT Angkasa Pura Bandara Samsudinnor di Aula Kantor PDAM Intan Banjar Banjarbaru dan membahas tentang perencanaan pembanguan  saluran air bersih seiring dengan pembangunan perluasan lahan Bandara.

PDAM Intan Banjar menjelaskan jarak pemasangan pipa dari Karang Anyar sampai ke Bandara Samsudinnor mencapai 22 Km dengan Anggaran sebanyak 116 Milyar. Di tahap awal akan dipasang pipa sepanjang 4,4 Km dulu dengan biaya 29 Milyar dan akan diadakan lelang secepatnya untuk kemudian dilakukan pengerjaannya.

Dalam proyek pekerjaan ini PDAM Intan Banjar berharap pemerintah Kabupaten Banjar, pemeritah Kota Banjarbaru  dan pemerintah Provisi bisa mendukung sepenuhnya.

Manajer PT Angkasa Pura menyampaikan bahwa pasokan air bersih dari PDAM Intan Banjar sangat  penting sebagai salah satu kebutuhan Bandara pada umumnya.

Pada tahun 2015 kemaren penggunaan air bersih bandara dalam satu tahun menghabiskan anggaran Rp. 123.223.288, dan tahun 2016 menghabiskan Rp. 109.917.041.

Pembangunan Bandara Baru yang direncanakan selesai pada tahun 2019 dengan kapasitas 6.000.000penumpang.  Pemakaian air per penumpang 3 liter dan menghabiskan air sebanyak 150 sampai 200 m3 perharinya, maka dari pada itu pihaknya mendukung sepenuhnya apa yang menjadi kebutuhan bandara baru perihal air bersih dari PDAM.

Bupati Kabupaten Banjar Khalilurrahman menyatakan bahwa pemerintah Banjar mendukung sepenuhnya kalua itu juga adalah kebutuhan basyarakat banyak,

“Airkan kebutuhan manusia dan untuk bandara sendiri dari kita Kabupaten Banjar mendukung kalau memang itu adalah kepentingan untuk masyarakat banyak”, ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani , bahwa pemko Banjarbaru mendukung dengan apa yang menjadi kebutuhan Bandara kedepannya dalam hal pasokan air bersih.

“Recana pembangunann jaringan air minum sampai kebandara saya rasa ini hal yang positif dan ini sangat penting, kita pasti mendukung asalkan ini semua memiliki komitment sebelum bandara selesai tahun 2019 nanti air harus sudah sampai”, ungkapnya.  (SB-08)

No Responses

Tinggalkan Balasan