Tuesday 21st August 2018

Pengeringan Irigasi, PDAM Intan Banjar Janjikan Tidak Ngadat

Direktur tehnik PDAM Intan Banjar Said Umar (kiri) (foto:said)

Pelanggan PDAM Intan Banjar tidak perlu hawatir dengan pemberitaan atas pemeliharaan irigasi yang di agendakan selama lima hari mulai tanggal 20-25 mei nanti, meski Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intar Banjar akan istirahatkan operasi air selama pembersihan irigasi. Pasalnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Rantau Bakula siap alokasikan air sementara untuk masyarakat selama pemeliharaan.

Direktur tehnik PDAM Intan Banjar Said Umar Kamis (18/05) ketika ditemui suarabanua.com mengungkapkan, pihaknya sudah mengantisipasi kemacetan air yang sering terjadi pada saat pembersihan rutin irigasi, “kami telah berkordinasi dengan SPAM Regional Rantau Bakula untuk bisa mengalokasikan air dari bendungan mandikapau kepada masyarakat selama pemeliharan irigasi”. Ujarnya.

Pemeliharaan rutin saluran irigasi riam kanan sendiri untuk membersihkan gulma yang menutupi saluran oleh Dinas PUPR provinsi Kalimantan selatan.

Senada dengan Kepala Balai Air Minum SPAM Regional Rantau Bakula sugeng mengatakan bahwa mereka siap menyuplay air selam pembersihan irigasi. “Untuk menangani krisis air selama proses pembersihan, kami akan operasikan air yang bersumber dari bendungan mandikapau”, ucapnya

Sugeng melanjutkan untuk menyuplai air pihaknya hanya menggunakan mesin genset sebab belum adanya fasilitas listrik dari PLN. “Sementara untuk menyuplai air kami masih menggunakan mesin genset yang menghabiskan 200 liter solar perjam. Karena sampai saat ini kami masih belum ada fasilitas listrik dari PLN”, Ungkapnya.

Sementara untuk mengantisipasi apabila terjadi kemacetan pihak PDAM Intan Banjar menghimbau masyarakat untuk tetap menyediakan tempat penampungan air, dan air selama pemeliharaan akan beroperasi mulai jam 12 siang sampai jam 10 malam.

“Sebelum bulan Ramadah kita pastikan pembersihan irigasi sudah selesai dan air akan normal kembali”, tutup Said Umar.(SB-08)

No Responses

Tinggalkan Balasan