Tuesday 21st August 2018

Inilah Persiapan Kementrian Perdagangan…

Rapat Koordinasi Identifikasi Kebutuhan pokok menjelang ramadhan dan idul fitri

Suara Banua – Kementrian Perdagangan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Arlinda mengatakan stok pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri untuk provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terbilang stabil. “Semua itu menurut hasil kami yang langsung turun kelapangan,” jelasnya digedung Graha Abdi Persada, Kamis (27/4/2017).
Disaat bersamaan dia juga menyampaikan, kami mendapatkan tugas dari Kementrian Perdagangan agar bahwanya semua eselon 1 akan diturunkan langsung ke-34 provinsi seluruh Indonesia untuk melakukan koordinasi dengan para Gubernur pada masing-masing provinsi. “Hal itu sudah kami upayakan dengan mencek empat pasar dikota Banjarmasin,” tuturnya.
Selain itu, kami juga mencek kesediaan stok bahan baku untuk menjelang ramadhan dan Idul Fitri, melakukan distribusi bahan pokok agar tidak terlambat sampai pada konsumen dan menjaga kestabilan harga agar tidak terlalu tinggi disaat bulan Ramadhan itu nantinya.
Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Kalsel, Yanuar Noor Rifa’i menyampaikan menurutnya siklus tahunan kenaikan harga dan keterbatasan ketersediaan barang kebutuhan pokok, baik ketika bulan puasa maupun lebaran perlu menjadi perhatian kita bersama. Barang dan kebutuhan pokok menjelang puasa pada hari tahun ini, bisa tersedia juga dan harganya stabil.
Dia juga mengatakan diselesai acara Rapat Koordinasi Identifikasi Kebutuhan pokok menjelang ramadhan dan idul fitri, bahwanya rapat koordinasi ini menunjukkan kesiapan kita untuk bersama-sama mengupayakan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya pelayanan untuk memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan distribusinya berjalan dan tanpa adanya hambatan.
Hal ini tidak hanya menimbulkan masalah perekonomian secara makro secara inflasi atau penurunan daya beli, tetapi juga menimbulkan beban tersendiri bagi kehidupan masyarakat baik itu konsumen maupun distribusinya itu sendiri.
“Kita harus mampu mengatasi permasalahan bahan kebutuhan pokok yang muncul saat menjelang ramadhan dan idul fitri,” tutupnya. Din

No Responses

Tinggalkan Balasan